Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, peran Sumber Daya Manusia dalam PT KNE kantor perwakilan Jakarta menjadi sangat penting, karena Sumber Daya Manusia, khususnya yang memiliki kompetensi tinggi berperan dalam proses pencapaian tujuan perusahaan. Untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki karyawan, perusahaan melakukan penilaian kinerja secara berkala pada para karyawannya dengan menggunakan metode rating scale, dengan penilai atasan langsung, dan masing – masing kompetensi memiliki nilai bobot kepentingan yang sama serta instrumen kompetensi yang digunakan telah berusia 10 tahun lebih dengan penggunaan yang digeneralisasikan. Pengukuran kinerja kompetensi untuk divisi keuangan saat ini dianggap kurang efektif, karena kompetensi existing tidak mampu menggambarkan kompetensi yang dibutuhkan oleh divisi keuangan, dan metode existing (topdown) dinilai memiliki banyak kekurangan untuk perusahaan yang berfokus pada pengembangan. Metode 360 degrees feedback dengan pembobotan pada penilainya diharapkan menjadi solusi dalam meningkatkan efektifitas pengukuran kinerja kompetensi pada PT KNE kantor perwakilan Jakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pengukuran metode 360 degrees feedback dengan pembobotan untuk merancang penilaian kinerja kompetensi. Teknik Borda dilakukan untuk menyusun skala prioritas kompetensi, dan kompetensi Spencer digunakan untuk mengukur level kompetensi masing – masing karyawan.
Hasil penelitian menemukan bahwa metode metode 360 degrees feedback dengan pembobotan dinilai lebih efektif untuk mengukur kinerja kompetensi karyawan divisi keuangan PT KNE kantor perwakilan Jakarta, karena terdapat data pembanding, minimum level target kompetensi dan perilaku yang harus dicapai, serta pengukuran tingkat efektifitas. Sehingga metode 360 degrees feedback dengan pembobotan cocok digunakan untuk divisi keuangan PT KNE kantor perwakilan Jakarta yang berfokus pada pengembangan karyawannya secara berkala.
Kata kunci: Penilaian Kinerja, Kompetensi, 360 degrees feedback, efektivitas.