Rancang Bangun Sistem Penentu Posisi Koordinat (x,y) Menggunakan Sensor Light Dependent Resistor (LDR) Dan Perhitungan Metode Titik Berat Untuk Koil Pemindai Pada Metode Eddy Current Testing (ECT)

PUTRI SUCI FEBRIANI

Informasi Dasar

21.04.188
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Eddy Current Testing (ECT) merupakan salah satu metode dari Non-Destructive Testing (NDT) yang memanfaatkan medan magnet untuk melihat interaksi antara sumber medan magnet dengan objek yang akan diuji. Dalam penerapannya ECT membutuhkan koil untuk digunakan sebagai alat pemindai yang akan memindai cacat atau keretakan pada objek uji. Untuk membantu proses pengujian, dibutuhkan sistem pemindai yang dapat melakukan penginduksian arus pada koil sekaligus dapat mengetahui posisi koordinat penginduksi itu berada sehingga keretakan/kerusakan pada objek dapat langsung diketahui posisinya. Penelitian ini menggunakan sumber cahaya yang akan ditempatkan satu titik koordinat dengan koil agar koil dan sumber cahaya memiliki titik koordinat yang sama. Untuk mengetahui posisi sumber cahaya tersebut pada penelitian ini juga menggunakan sensor Light Dependent Resistor (LDR). Sensor LDR adalah sensor yang dapat menerima intensitas cahaya dan merubahnya menjadi nilai tahanan. Semakin besar intensitas cahaya yang diterima sensor maka semakin kecil nilai tahanan yang dihasilkan sensor. Sensor LDR ini digunakan untuk mendeteksi pergerakan cahaya yang berasal dari sumber cahaya sehingga sensor akan menerima cahaya sesuai dengan cahaya yang diterimanya. Untuk mengetahui posisi koordinat sumbu X dan sumbu Y tersebut, penulis menggunakan perhitungan metode titik berat. Dari percobaan yang telah dilakukan pada 10 titik koordinat didapatkan nilai rata-rata akurasi pada sumbu x adalah 99,6% dan akurasi pada sumbu y adalah 99,7% dengan resolusi pada alat adalah 2,5 cm. Kata Kunci : Eddy Current Testing, Non-Destructive Testing, Light Dependent Resistor, metode titik berat.

Subjek

Electronics devices - design
 

Katalog

Rancang Bangun Sistem Penentu Posisi Koordinat (x,y) Menggunakan Sensor Light Dependent Resistor (LDR) Dan Perhitungan Metode Titik Berat Untuk Koil Pemindai Pada Metode Eddy Current Testing (ECT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI SUCI FEBRIANI
Perorangan
Dudi Darmawan, Rahmat Awaludin
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Fisika
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini