PENGARUH LUAS AREA DAN KONFIGURASI RUANG TERBUKA HIJAU TERHADAP IKLIM MIKRO KAWASAN (Studi Kasus: Laboratorium Kawasan Hunian Rendah Energi)

PERMATA HUDAYA

Informasi Dasar

21.04.193
621.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penataan ruang merupakan upaya pemerintah untuk membentuk landasan hukum. Dalam UU No. 26 Tahun 2007 menyebutkan bahwa dalam penataan ruang memerlukan keberadaan ruang terbuka hijau (RTH) yang diisi oleh tanaman. RTH dapat menurunkan suhu lingkungan karena radiasi matahari ditahan oleh tumbuhan peneduh yang terdapat di dalamnya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh luasan RTH dan pola persebaran vegetasi terhadap iklim mikro lingkungan, sehingga dapat memperkirakan luasan RTH dan komposisinya agar temperatur kawasan tersebut dapat turun. Penelitian ini menggunakan metode simulasi komputer dengan perangkat lunak ENVI-Met. Penelitian dilakukan secara simulasi dengan tahapan pengukuran lapangan, penggambaran sketsa menggunakan ENVI-Met, simulasi, dan analisis. Dari hasil simulasi akan didapatkan suatu sketsa optimal yang diharapkan dapat menurunkan konsumsi energi pada pendinginan. Dari penelitian ini, didapatkan bahwa pengaruh luasan RTH terhadap iklim mikro kawasan tidak terlalu signifikan. Pendistribusian RTH dengan disebar mendapatkan hasil yang baik dikarenakan sketsa 1 menampilkan nilai rata-rata temperatur yang rendah dibandingkan sketsa lainnya sebesar 31,9 oC. Kombinasi optimal dari penelitian ini terdapat pada sketsa 1 karena memiliki persebaran temperatur rendah sebesar 42% dari total luas wilayah.

Subjek

SIMULATION MODELS
 

Katalog

PENGARUH LUAS AREA DAN KONFIGURASI RUANG TERBUKA HIJAU TERHADAP IKLIM MIKRO KAWASAN (Studi Kasus: Laboratorium Kawasan Hunian Rendah Energi)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PERMATA HUDAYA
Perorangan
Suwandi, M. Nur Fajri Alfata
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Fisika
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini