PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP ARRAY 2X2 PATCH PERSEGI PANJANG DENGAN U-SLOT UNTUK WIFI 5,8 GHZ

HARRY ABRIANTO EKAPUTRA

Informasi Dasar

21.04.244
621.319
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Antena merupakan salah satu komponen yang penting dalam suatu sistem komunikasi yang mampu merubah arus listrik menjadi gelombang elektromagnetik dan memancarkan ke ruang hampa atau sebaliknya. Terdapat berbagai macam antena salah satunya adalah antena mikrostrip. Antena mikrostrip memiliki beberapa kelebihan seperti ukurannya yang relatif kecil, fabrikasi yang relatif murah, sehingga membuat antena mikrostrip ini efektif dan efisien.

Perkembangan Wireless Fidelty (wifi) pada masa kini sangat cepat. Pengguna wifi saat ini tersebar di berbagai tempat di sekitar kita untuk membantu menyelesaikan pekerjaan, bermain game, dan hal lainnya. IEEE telah membuat standarisasi untuk mengatur penggunaan jaringan nirkabel ini. 802.11 adalah standarisasi dari IEEE untuk wifi di frekuensi 5,8 GHz.

Untuk mendukung standarisasi yang telah ditetapkan IEEE tersebut, pada tugas akhir ini dibuat antena mikrostrip array 2x2 patch persegi panjang dengan ditambahkan slot seperti huruf U untuk meningkatkan bandwidth yang berkerja di frekuensi 5,8 GHz untuk wifi.

Antena yang direalisasikan memiliki dimensi 69,60 mm x 68,26 mm, dapat bekerja pada frekuensi 5.9606-5.6724 GHz. Antena ini memiliki VSWR < 2 dan return losssebesar -18.279 dB. Gain yang dihasilkan Antena 7,6492 dBi. Dan Antena ini memiliki pola radiasi unidireksional dan polarisasi berbentuk elips.

Kata Kunci: antena array, patch rectangular, wifi, Slot U.

Subjek

Traansmission telecommunication
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP ARRAY 2X2 PATCH PERSEGI PANJANG DENGAN U-SLOT UNTUK WIFI 5,8 GHZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARRY ABRIANTO EKAPUTRA
Perorangan
Dharu Arseno, Yussi Perdana Saputera
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini