Personal branding adalah sebuah proses bagaimana memasarkan diri atau karir melalui
suatu citra yang dibentuk oleh khalayak umum. Di Indonesia sudah banyak sekali yang
melakukan kegiatan personal branding. Saat ini Youtube merupakan media sosial yang
paling banyak diakses dan diminati masyarakat untuk menampilkan karya berupa konten
yang menarik dan memiliki ciri khas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana strategi personal branding Alan Albana sebagai seorang public speaker pada
channel Youtube. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif, berdasarkan dari hasil wawancara dengan narasumber terpilih. Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan, diketahui dalam tahap perumusan strategi, Alan Albana
ingin mengembangkan personal branding-nya sebagai public speaker dengan
menggunakan konten Ice Breaking pada channel Youtube. Kemudian dalam tahap
implementasi strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah spesialisasi,
kepribadian, konsisten dengan positioning, kepemimpinan, nama baik, dan keteguhan.
Pada tahap evaluasi strategi melalui alat pengukur tak langsung diketahui bahwa Alan
Albana memiliki persepsi yang serupa dengan apa yang telah diupayakan Alan Albana
dalam tahapan implementasi strategi personal branding-nya.
Kata Kunci : Alan Albana, personal branding, public speaker, strategi