PENGARUH UKURAN DEWAN KOMISARIS, LEVERAGE, DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)

REVIAN SOVIE ANGGRAENI

Informasi Dasar

21.04.276
336.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tax avoidance merupakan tindakan dalam pengurangan pajak terutang oleh wajib pajak namun masih dalam batas undang-undang maupun peraturan perpajakan yang berlaku yang bertujuan untuk meminimalkan biaya pajak terutang sehingga dapat memaksimalkan laba yang dihasilkan oleh perusahaan. Salah satu fenomena tax avoidance di Indonesia dilakukan oleh British American Tobacco (BAT) yang telah melakukan tax avoidance melalui PT Bentoel International Investama. PT Bentoel International Investama melakukan pinjaman dari Jersey melalui perusahaan di Belanda bertujuan untuk menghindari potongan pajak pada pembayaran bunga non-penduduk. Hal ini menyebabkan realisasi peneriamaan pendapatan Indonesia berkurang sebesar US$11 juta per tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran dewan komisaris, leverage dan manajemen laba terhadap tax avoidance pada perusahaan sektor industri barang konsumsi tahun 2015-2018 baik secara simultan maupun parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang memperoleh 31 sampel penelitian dengan periode pengamatan selama 4 tahun, sehingga didapat 124 unit sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris, leverage dan manajemen laba secara simultan berpengaruh terhadap tax avoidance. Secara parsial leverage berpengaruh dengan arah negatif terhadap tax avoidance, sedangkan ukuran dewan komisaris dan manajemrn laba tidak berpengaruh terhadap tax avoidance.

Kata Kunci: leverage, manajemen laba, tax avoidance dan ukuran dewan komisaris.

Subjek

TAX & TAXATION
 

Katalog

PENGARUH UKURAN DEWAN KOMISARIS, LEVERAGE, DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REVIAN SOVIE ANGGRAENI
Perorangan
Kurnia
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini