Transportasi umum merupakan sarana alternatif bagi masyarakat dalam melakukan perpindahan
dari suatu lokasi ke lokasi lainnya. Salah satu sarana transportasi umum yang banyak digunakan
oleh masyarakat adalah kereta api. PT. Kereata Api Persero merupakan suatu Badan Usaha Milik
Negara (BUMN) yang bergerak dalam industri kereta api di Indonesia. Dalam persaingan penyedia
sarana transportasi saat ini membuat PT. Kereta Api Persero harus memiliki strategi yang tepat
dalam menawarkan produk jasa yang dimiliki. Melalui platform aplikasi KAI Access, PT. Kereta
Api Persero merespon perkembangan yang terjadi di lingkungan masyarakat dengan berbagai
penawaran potongan harga serta promosi yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian tiket online kereta pada KAI Access.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, Teknik analisis dan data yang kami
lakukan adalah Regresi Linier Berganda, dengan Responden Sebanyak 401 orang pada sampel
masyarakat yang menggunakan platform aplikasi KAI Access dalam memesan tiket kereta api.
Berdasarkan hasil kuisioner yang telah disebar didapatkan hasil tanggapan responden mengenai
variabel harga tiket pada platform aplikasi KAI Access yang memiliki nilai sebesar 77.77% atau
termasuk kedalam kategori baik. Selanjutnya untuk tanggapan variabel promosi didapatkan nilai
sebesar 77.46% atau termasuk kedalam kategori baik. Kemudian berdasarkan hasil analisis
variabel dependent, tanggapan variabel Keuputusan Pembelian tiket kereta api pada platform
aplikasi KAI Access memiliki nilai sebesar 75.15% atau termasuk kedalam kategori baik. Hasil
penelitian ini menunjukan jika terdapat pengaruh signifikan variabel harga dan promosi terhadap
keputusan pembelian dengan nilai t hitung masing-masing sebesar 8.675 dan 12.855 dengan taraf
signifikansi 0.000. kemudian didapatkan pengaruh secara simultan dari variabel harga dan promosi
terhadap keputusan pembelian. selain itu, Variabel Harga dan Promosi juga mampu menjelaskan
variasi naik/turunnya Keputusan Pembelian tiket kereta api pada aplikasi KAI Access sebesar
59.1%. Sedangkan sisanya sebesar 40.9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan
dalam model penelitian ini.
Kata Kunci : KAI Access, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian