Pengaruh Green Brand Image Terhadap Minat Beli Pada Sepatu Converse Renew Canvas (Studi Pada Konsumen Sepatu Converse di Kota Bandung)

MUHAMMAD RIZKY WIBOWO

Informasi Dasar

21.04.333
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Masalah sampah plastik di Indonesia lagi-lagi menjadi sorotan publik. Melihat perkembangan masalah sampah plastik, agaknya pemerintah sudah harus cepat memperbaiki sistem pengelolannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jenna R. Jambeck dari University of Georgia, pada tahun 2010 ada 275 ton sampah plastik yang dihasilkan seluruh dunia. Sekitar 4,8-12,7 juta ton diantaranya terbuang dan mencemari laut. Produk ramah lingkungan (green product) menjadi popular karena isu lingkungan seperti efek rumah kaca, pemanasan global dan pencemaran lingkungan baik dari air, udara maupun tanah. Green product menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah dari isu terhadap lingkungan tersebut. Penggunaan green product adalah suatu strategi pemasaran yang dilakukan untuk membangun citra merek dan pola pikir dari konsumen. Seperti yang dilakukan oleh perusahaan sepatu ternama Converse. Converse mengolah limbah plastik untuk dijadikan sneakers ramah lingkungan yang diberi nama Converse Renew Canvas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh green brand image terhadap minat beli pada sepatu Converse Renew Canvas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian hubungan kausal. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Converse di Kota Bandung. Jenis data yang dibutuhkan untuk penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling jenis purposive sampling, dengan jumlah responden diambil sebanyak 100 responden yang menggunakan sepatu Converse. Kemudian untuk teknik analisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan pengolahan data menggunakan software SPSS versi 23. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : 1. Untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen tentang green product sepatu Converse Renew Canvas 2. Untuk mengetahui bagaimana pembentukan green brand image yang dilakukan oleh Converse 3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh green brand image terhadap minat beli pada sepatu Converse Renew Canvas Dalam penelitian kali ini yang menjadi target populasi penulis adalah pengguna sepatu Converse, orang yang tau tentang Converse, yang mengetahui tentang produk Converse Renew Canvas dan yang berdomisili di Kota Bandung. Dan sampel yang diambil dalam penilitian kali ini yaitu orang yang sudah pernah membeli sepatu Converse sebelumnya, yang tau tentang sepatu Converse Renew Canvas, yang sudah pernah membeli sepatu Converse Renew Canvas Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara signifikan menunjukkan bahwa green brand image memiliki pengaruh terhadap minat beli pada sepatu Converse Renew Canvas. Hasil koefisiensi determinasi green brand image berpengaruh terhadap minat beli sebesar 42,5% dan sisanya sebesar 57,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas produk, promosi dan brand personality.

Kata kunci: Converse, Converse Renew Canvas, Green Brand Imgae, Minat Beli

Subjek

MARKETING
 

Katalog

Pengaruh Green Brand Image Terhadap Minat Beli Pada Sepatu Converse Renew Canvas (Studi Pada Konsumen Sepatu Converse di Kota Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIZKY WIBOWO
Perorangan
Marheni Eka Saputri
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini