Objek pariwisata merupakan pendukung utama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Magetan selain dari sektor pertanian dan perdagangan. Salah satu wisata unggulan di Kabupaten Magetan adalah Telaga Sarangan. Pemilihan wisata Telaga Sarangan sebagai objek penelitian ini dikarenakan wisata ini merupakan komoditas utama objek wisata di Kabupaten Magetan. Hal ini dibuktikan dari adanya kegiatan yang dilakukan oleh pengelola maupun pemerintah setempat dalam menyediakan fasilitas penunjang bagi wisatawan. Meskipun pemerintah Kabupaten Magetan telah melakukan berbagai macam promosi, namun objek wisata ini belum dikenal secara luas di luar provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas komunikasi pemasaran wisata Telaga Sarangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan melakukan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan pemerintah Kabupaten Magetan masih kurang efektif, hal ini dibuktikan dengan hasil uji distribusi frekuensi variabel X efektivitas komunikasi pemasaran yang hanya memiliki nilai sebesar 48,73% saja.
Kata Kunci: Efektivitas Komunikasi Pemasaran