Corporate Social Responsibility dalam suatu perusahaan memiliki peranan penting bagi kesejahteraan kehidupan masyarakat dan untuk citra perusahaan, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi corporate social responsibility PT.Pertamina EP terhadap peningkatan citra perusahaan melalui Koperasi Minar Agar Makmur di tambun. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi CSR Oliver Laasch (2010) dari buku karya Totok Mardikanto yang terdiri dari strategi keunggulan bersaing, strategi sumberdaya, strategi stakeholder, strategi manajemen krisis dan strategi yang lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini didukung oleh informan ahli, informan pendukung dan praktisi ahli, dari penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam membentuk suatu kegiatan Koperasi Minar Agar Makmur sangat dibutuhkan penyusunan dan perencanaan strategi corporate social responsibility secara baik,efektif dan terprogram, sehingga program koperasi memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat desa tambaksari, dengan keberhasilanya kegiatan program CSR akan meningkatkan citra perusahaan, good image dan kepercayaan masyarakat kepada PT.Pertamina EP
Kata Kunci: CSR, Corporate Social