STUDI ANALISIS ANTENA 2X2 MIMO MENGGUNAKAN KONFIGURASI SPACE DAN POLARIZATION DIVERSITY

MUHAMMAD YATTA HASIN

Informasi Dasar

21.04.410
621.319
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI

Arsitektur MIMO sudah terbukti dapat menjadi cara yang sangat baik dalam memaksimalkan peforma dan kapasitas dalam sistem nirkabel, tanpa terlalu banyak mempengaruhi biaya dalam penambahan bandwidth ataupun daya. Dengan ditambah dengan teknik diversity, sistem transmisi tersebut dapat mengatasi multipath fading yang biasa terjadi dalam sistem MIMO. Fitur ini menyebabkan MIMO dalam teknik diversity merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam teknologi nirkabel saat ini.

Pada tugas akhir ini, dipelajari teknik diversity gabungan dari space diversity dan polarization diversity serta bagaimana pengaruhnya dalam sistem MIMO. Didasari dari saran paper yang berjudul "Aspects on Space and Polarization Diversity in Wireless Communication System".

Hasil dari tugas akhir ini didapatkan pengaruh penggunaan space dan polarization diversity pada antena MIMO. Pengaruh tersebut dilihat melalui parameter gain, directivity, dan efficiency antena, S parameter, dan koefisien korelasi. Teknik diversity mempengaruhi nilai koefisien korelasi yang menjadi lebih baik (lebih mendekati 0) dan efficiency yang lebih baik pula (nilai presentase yang lebih tinggi).

Kata kunci : MIMO, Diversiy, Space Diversity, Polarization Diversity

Subjek

ELECTRICAL TRANSMISSION
 

Katalog

STUDI ANALISIS ANTENA 2X2 MIMO MENGGUNAKAN KONFIGURASI SPACE DAN POLARIZATION DIVERSITY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD YATTA HASIN
Perorangan
Bambang Sumajudin, Trasma Yunita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini