SIMULASI MACHINE LEARNING UNTUK QUALITY OF TRANSMISSION PADA KOMUNIKASI OPTIK

ALIFIA SAFRIDA ARINI

Informasi Dasar

21.04.460
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Komunikasi optik merupakan salah satu teknologi telekomunikasi yang banyak digunakan karena kecepatan pengiriman datanya tinggi. Dalam perancangan sistem komunikasi fiber optik, banyaknya data yang harus diproses mengakibatkan waktu komputasi yang diperlukan menjadi lebih lama. Seiring dengan munculnya data science, penerapan Machine Learning pada sistem komunikasi fiber optik untuk memprediksi Quality of Transmission (QoT) dari sebuah jaringan mulai banyak dilakukan. Dengan Machine Learning, waktu komputasi yang diperlukan untuk memprediksi QoT sebuah jaringan dapat dilakukan dengan cepat dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Penelitian ini menganalisis dan memprediksi QoT dari sistem komunikasi fiber optik dengan menggunakan Machine Learning. Parameter QoT yang digunakan adalah Q-factor. Data yang digunakan untuk simulasi Machine Learning merupakan data sintetik yang diperoleh menggunakan software simulasi jaringan optik. Terdapat tiga algoritma Machine Learning yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Linear Regression (LR), Decision Tree (DT) dan Random Forest (RF).

Dari simulasi yang telah dilakukan, dapat dievaluasi bahwa penggunaan algoritma DT dan RF dapat diterapkan untuk memprediksi Q-factor dengan tingkat akurasi mencapai 99% untuk algoritma DT dan RF. Dan waktu komputasi yang diperlukan machine learning untuk memprediksi Q-faktor hanya sekitar 0.079 milisekon.

Subjek

Machine Learning
 

Katalog

SIMULASI MACHINE LEARNING UNTUK QUALITY OF TRANSMISSION PADA KOMUNIKASI OPTIK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALIFIA SAFRIDA ARINI
Perorangan
Kris Sujatmoko, Brian Pramukti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini