E-learning merupakan salah satu alternatif dalam penyelesaian masalah belajar mengajar konvensional, salah satunya dengan menggunakan learning management system (LMS). Walaupun sebagian kegagalan implementasi TI disebabkan karena lemahnya manajemen, berbagai literatur menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kegagalan atau keberhasilan implementasi TI pada suatu organisasi dengan sikap / perilaku pengguna terhadap penerimaan sistem pada organisasi tersebut.
Penelitian ini akan mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi penerimaan mahasiswa terhadap implementasi LMS di Universitas Telkom dengan UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology). UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) merupakan sebuah model untuk menjelaskan perilaku pengguna terhadap teknologi informasi. Model UTAUT menunjukkan bahwa niat untuk berperilaku (behavioral intention) dan perilaku untuk menggunakan suatu teknologi (use behavior) dipengaruhi oleh harapan akan kinerja (performance expectancy), harapan akan usaha (effort expectancy), pengaruh sosial (social influence), dan kondisi pendukung (facilitating conditions).
Berdasarkan Analisis Data dengan menggunakan model konseptual yang telah ditentukan dengan perhitungan menggunakan SmartPLS, maka didapat bahwa, Performance Expectancy berpengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intentions, Effort Expectancy berpengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intentions, Social Influence berpengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intentions, Facilitation Conditions berpengaruh positif dan signifikan terhadap Use Behavior, Behavioral Intentions berpengaruh positif dan signifikan terhadap Use Behavior.