PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN BERBASIS WEB UNTUK J-RUBY GUEST HOUSE DENGAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

LAZUARDI IMAN MAULUDI

Informasi Dasar

21.04.555
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

J-Ruby Guesthouse merupakan sebuah penginapan dengan konsep lowbudget yang terletak di daerah Ring Road selatan Yogyakarta yang memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas kepada tamu yang menginap. Bisnis hotel dengan konsep serupa di Yogyakarta juga memiliki tingkat kompetisi yang tinggi, sehingga J-Ruby memerlukan cara untuk mendapatkan loyalitas dari tamu yang berkunjung. Survei kepuasan merupakan salah satu parameter untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan J-Ruby. J-Ruby mendapatkan hasil mutu kualitas pelayanan dari hasil rating yang dilakukan oleh pihak layanan pemesanan hotel online, sedangkan tamu yang memesan secara langsung, tidak dapat memberikan respon. Secara umum hasil rating sudah menunjukkan pelayanan yang diberikan J-Ruby sudah memenuhi harapan, tetapi yang menjadi permasalahan yang dihadapi oleh J-Ruby adalah dari data tersebut pemilik J-Ruby kurang memahami data yang di dapatkan dari tamu secara mendalam dan adanya kesulitan pengumpulan data dari tamu yang memesan online dan langsung secara efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang aplikasi sistem informasi manajemen untuk membantu dalam pengumpulan dan pengolahan data secara realtime yang mencakup seluruh jenis tamu yang dapat membantu J-Ruby Guesthouse dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan secara berkelanjutan dan meningkatkan loyalitas tamu. Dengan penerapan ilmu pemeliharaan kualitas pelayanan SERVQUAL yang terdiri dari lima dimensi yaitu kualitas tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy digunakan untuk desain kuesioner didalam aplikasi survei yang dibuat. Sistem informasi manajemen dalam peningkatan kepuasan pelayanan tamu ini dibuat menggunakan metode Waterfall yang dimulai dari penentuan kebutuhan pengguna, kemudian merancangan desain sistem yang nantinya akan diubah menjadi suatu sistem infomasi manajemen, yang kemudian di uji agar sesuai dengan kebutuhan J-Ruby Guesthouse. Hasil dari penelitian ini sebuah alat maupun sistem (aplikasi manajemen sistem informasi) yang dapat mencatat atau merekam secara keseluruhan data responden yang berasal dari tamu yang memesan melewati aplikasi pemesanan online maupun secara langsung. Pencatatan data ini berfungsi sebagai alat pengumpul raw data yang dapat digunakan untuk mengubah data yang didapat secara aktual menjadi informasi yang dapat dianalisis secara paripurna yang bermanfaat bagi para stakeholder J-Ruby Guesthouse dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan secara berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan loyalitas dari tamu yang datang.

Subjek

INFORMASI MANAJEMEN
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN BERBASIS WEB UNTUK J-RUBY GUEST HOUSE DENGAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LAZUARDI IMAN MAULUDI
Perorangan
LUCIANA ANDRAWINA, HILMAN DWI ANGGANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini