PERANCANGAN ALAT UKUR DAN CARA PENGUKURAN KOMPETENSI LULUSAN MAHASISWA PADA LAB RISET ENTERPRISE SYSTEM AND SOLUTION UNIVERSITAS TELKOM MENGGUNAKAN METODE SECI

DAMARIO HAZNAM

Informasi Dasar

21.04.556
658.056 33
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Universitas Telkom menyediakan sarana lab riset untuk seluruh peminatan yang ada pada Fakultas Rekayasa Industri yang akan diambil pada tahun terakhir perkuliahan. Salah satu lab riset dari Fakultas Rekayasa Industri, yaitu lab riset Enterprise System and Solution (ESS). Kompetensi lulusan, serta alat ukur dan cara pengukurannya dapat menjadi dasar bagi lab riset ESS untuk melakukan peningkatan sumber daya manusia dari mahasiswa lab riset tersebut agar mahasiswa memiliki kompetensi yang sesuai dengan apa yang diharapkan, meningkatkan angka persentase kepuasan industri terhadap mahasiswa lulusan lab riset ESS, dan tentunya bagi industri akan lebih memiliki daya saing menghadapi persaingan yang ketat saat ini. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dirancang alat ukur dan cara pengukuran kompetensi lulusan mahasiswa lab riset ESS.

Metode SECI merupakan kependekan dari Socialization, Externalization, Combination, dan Internalization. Metode ini adalah salah satu jenis knowledge conversion yang digunakan untuk mengelola pengetahuan yang dimiliki oleh tacit knowledge expert mengenai kompetensi lulusan mahasiswa lab riset ESS. Pada tahap Socialization dilakukan identifikasi tacit knowledge alat ukur dan cara pengukuran kompetensi lulusan mahasiswa. Tahap Externalization dilakukan proses pendokumentasian tacit menjadi explicit knowledge. Tahap Combination dilakukan proses kombinasi alat ukur dan cara pengukuran kompetensi dari knowledge yang diberikan setiap narasumber. Tahap Internalization dilakukan pemberitahuan hasil penggabungan alat ukur dan cara pengukuran kompetensi lulusan mahasiswa. Setelah menggunakan metode SECI, didapatkan pengetahuan tentang hasil kompetensi lulusan terpilih.

Hasil dari penelitian ini adalah best practice alat ukur dan cara pengukuran kompetensi lulusan dengan sembilan kompetensi lulusan mahasiswa lab riset ESS Program Studi Sistem Informasi dan tujuh kompetensi lulusan mahasiswa lab riset ESS Program Studi Teknik Industri. Pada penelitian ini dibuat rekomendasi, yaitu merancang kegiatan peningkatan kompetensi mahasiswa lab riset ESS.

Kata kunci: Alat Ukur, Cara Pengukuran, Knowledge Conversion, Kompetensi Lulusan, Metode SECI.

Subjek

KNOWLEDGE MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN ALAT UKUR DAN CARA PENGUKURAN KOMPETENSI LULUSAN MAHASISWA PADA LAB RISET ENTERPRISE SYSTEM AND SOLUTION UNIVERSITAS TELKOM MENGGUNAKAN METODE SECI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DAMARIO HAZNAM
Perorangan
AMELIA KURNIAWATI, RAYINDA PRAMUDITYA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini