USULAN INTERVAL INSPEKSI DAN ESTIMASI UMUR SISA PADA REACTOR UREA U-DC-101 PADA PT.XYZ DENGAN MENGGUNAKAN METODE RISK BASED INSPECTION (RBI)

RIFQI RHEZA PRATHAMA

Informasi Dasar

21.04.566
658.202
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT.XYZ adalah perusahaan yang bergerak dibidang industri pupuk berskala nasional. Reactor urea merupakan tempat bereaksi bahan-bahan kimia sebelum menjadi pupuk urea yang siap didistribusikan kepada konsumen. Reactor memiliki desain yang beraneka ragam berdasarkan fungsinya. Pada sistem reactor, terdapat 11 subsistem sieve tray, mixing chamber, grounding cable, special valve, noozle, inlet&outlet pipe, vessel support, manhole, lining, pressure gauge, leak detection system. Risk Based Inspection (RBI) adalah sebuah metode yang menggunakan risiko dari suatu alat untuk merencakan inspeksi. Metode RBI yang digunakan adalah RBI semi kuantitatif yaitu yang menggabungkan antara metode RBI Kualitatif dan RBI Kuantitatif. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui interval inspeksi, estimasi umur sisa, dan kebijakan perawatan yang sesuai untuk reactor. Dengan menggunakan Multi Attribute Value maka didapatkan pemodelan dari portofolio decision dan decision tree pada reactor urea yang berfungsi untuk mengambil keputusan yang optimal. Pada hasil penelitian ini dapat diketahui terdapat dua subsistem kritis yang masuk dalam kategori mid-high dan high yaitu lining dan special valve. Lining menjadi fokus dalam penelitian ini dikarenakan mempunyai data ketebalan yang berkurang setiap tahunya akibat korosi dan umur sisa terendah lining reactor urea pada segment 1 yaitu 2,3 tahun dan berdasarkan portfolion decision opsi perbaikan jika lining mendekati umur sianya yaitu relining. Dengan dilakukannya perhitungan RBI semi-kuantitatif didapatkan tingkat risiko pada reactor yaitu medium dan usulan interval inspeksi pada reactor adalah 2 tahun.

Subjek

MAINTENANCE MANAGEMENT
 

Katalog

USULAN INTERVAL INSPEKSI DAN ESTIMASI UMUR SISA PADA REACTOR UREA U-DC-101 PADA PT.XYZ DENGAN MENGGUNAKAN METODE RISK BASED INSPECTION (RBI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFQI RHEZA PRATHAMA
Perorangan
FRANSISKUS TATAS DWI ATMAJI, AJI PAMOSO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini