PREDIKSI CURAH HUJAN DI KAB.BANDUNG DENGAN ANALISIS TIME SERIES, MENGGUNAKAN MODEL SARIMA (Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average)

CESAR AINI SOEKENDRO

Informasi Dasar

21.04.592
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Prakiraan cuaca adalah salah satu kebutuhan utama untuk menunjang kegiatan diberbagai bidang, Informasi yang dibutuhkan adalah berupa prediksi cuaca atau iklim.Untuk mendapatkan hasil yang tepat dan akurat, banyak dikembangkan model prakiraan cuaca yaitu contoh nya ARIMA dan SARIMA yang didasarkan beberapa aspek antara lain aspek waktu, aspek tingkat keakuratan prediksi yang di inginkan, dan aspek model yang ingin di amati. Berdasarkan fungsinya prakiraan cuaca untuk saat ini sangat dibutuhkan, seiring dengan semakin banyakanya pihak yang menggunakan dan memanfaatkan informasi tersebut. Oleh karena itu BMKG dituntut untuk dapat memberikan informasi yang cepat, akurat dan tepat. Dengan demikian, perkembangan ilmu pengetahuan dalam upaya menjawab tantangan tersebut menjadi semakin penting. Dibutuhkan metode-metode baru yang dapat mengakomodasi kebutuhan akan informasi cuaca yang semakin kompleks. Berdasarkan permasalahan yang ada dalam penelitian ini penulis akan meneliti dan mencari dan mencoba mencari model yang baik dengan menggunakan model SARIMA karena model ini lebih mudah diuji ketika data memiliki Seasonal. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menetukan tingkat akurasi dari model SARIMA untuk prediksi curah hujan dan mencoba hal baru dimana apakah pengaruh differencing untuk model SARIMA dapat mempengaruhi tingkat akurasi dari model SARIMA tersebut dengan data yang digunakan adalah data curah hujan rata-rata bulan Januari 2016- Desember 2019

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

PREDIKSI CURAH HUJAN DI KAB.BANDUNG DENGAN ANALISIS TIME SERIES, MENGGUNAKAN MODEL SARIMA (Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CESAR AINI SOEKENDRO
Perorangan
Edi Sutoyo, Faqih Hamami
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini