Analisis Ulasan Produk pada Media Sosial (Twitter) untuk Meningkatkan Kualitas Produk Handphone Menggunakan Metode Aspect-Based dengan Pendekatan Lexicon

SERVENTINE ANDHARA EVHEN

Informasi Dasar

124 kali
21.04.599
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengguna media sosial tidak hanya menggunakan platform tersebut sebagai salah satu cara berkomunikasi. Media sosial juga sudah marak digunakan sebagai media untuk menyampaikan aspirasi atau ulasan tentang suatu produk. Kegiatan ini membuat banyak data ulasan tersebar luas di jejaring media sosial. Twitter adalah salah satu platform yang sering digunakan untuk menulis ulasan karena bersifat terbuka dan bebas untuk mengekspresikan pendapat. Data yang tersebar dapat menjadi acuan peningkatan kualitas produk dengan dibuat sebuah analisis sentimen berbasis aspek. Analisis sentimen berbasis aspek mengacu pada aspek atau fitur pada produk tersebut. Penilitian dilakukan dengan menggunakan tiga ulasan produk handphone Iphone 11 pada platform twitter dengan menggunakan analisis sentimen menggunakan klasifikasi lexicon. Penelitian dilakukan dengan tiga skenario utama dan dua kamus lexicon berbahasa Indonesia yang umum digunakan. Hasil evaluasi terbaik didapatkan dengan skenario pertama yang menggunakan parameter full preprocessing dan kamus lexicon Liu. Kamus yang digunakan sudah di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Skenario ini memiliki hasil exact match error ratio sebesar 42.11%.

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

Analisis Ulasan Produk pada Media Sosial (Twitter) untuk Meningkatkan Kualitas Produk Handphone Menggunakan Metode Aspect-Based dengan Pendekatan Lexicon
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SERVENTINE ANDHARA EVHEN
Perorangan
Warih Maharani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini