Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada PMN Rumah Sakit Mata Cicendo

JULIO WAHYU APANDI

Informasi Dasar

52 kali
21.04.619
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rumah Sakit Mata Cicendo merupakan satu-satunya rumah sakit khusus mata milik pemerintah/Depkes RI dengan fungsi pelayanan dan pendidikan serta penelitian dalam kesehatan mata, yang berdomisili di Kota Bandung. Pada tahun 2009 Rumah Sakit Mata Cicendo ditetapkan sebagai PUSAT MATA NASIONAL. Berdasarkan data keluhan dari pasien yang didapat dari rekapitulasi data kotak saran yang disediakan instalasi Pemasaran, Promosi Kesehatan & Humas pada satu tahun terakhir, dapat dilihat bahwa terdapat banyaknya keluhan dari pasien yang ditujukan kepada rumah sakit. Berdasarkan beberapa data yang telah dijadikan sampel, sebanyak 70% mengeluhkan terlalu lamanya waktu pelayanan dari petugas rumah sakit, sementara 30% sisanya mengeluhkan hal lain. Berdasarkan fenomena masalah yang sudah penulis sebutkan diatas, maka dari itu penulis ingin menganalisis apakah benar kepuasan dari pasien berkaitan atau berpengaruh dari kualitas pelayanan rumah sakit di PMN Rumah Sakit Mata Cicendo. . Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisoner kepada responden berjumlah 385. Metode yang digunakan dalam olah data pada penelitian ini yaitu regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 24.0. Berdasarkan hasil kuisoner dan pengolahan data hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh simultan terhadap kepuasan pasien PMN Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Hal ini menunjukkan bahwa dimensi kualitas pelayanan yaitu tangible, assurance, empathy, responsiveness, dan reliability secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan pihak rumah sakit untuk meningkatkan pelayanannya agar meningkat pula kepuasan pasien pada PMN Rumah Sakit Mata Cicendo.

Kata kunci: Kualitas pelayanan, Kepuasan pelanggan, Indeks Kepuasaan Pengguna, Pelayanan Kesehatan, Pemasaran Jasa.

Subjek

SERVICES QUALITY
 

Katalog

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada PMN Rumah Sakit Mata Cicendo
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JULIO WAHYU APANDI
Perorangan
NURVITA TRIANASARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini