SISTEM PENGENDALIAN DAN PENGARAHAN ANTENA BTS UNTUK SISTEM KOMUNIKASI PEMANTAU SUNGAI CITARUM

ALDO ALESSANDRO TUKAT

Informasi Dasar

21.04.666
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perangkat monitoring kualitas air sungai citarum membutuhkan sistem pengiriman data secara real-time. Kecocokan arah pancaran antara antena di BTS dengan antena di perangkat monitoring sangat perlu diperhatikan, khususnya antena yang memiliki pola pancaran directional, karena penyimpangan arah pancaran antara antena TX dengan RX dapat mengakibatkan level daya terima sinyal tidak optimal dan berpengaruh ke kinerja pengiriman data real-time.

Untuk mengatasi penyimpangan arah pancaran antara antena di BTS dengan antena di perangkat monitoring, maka pada antena penerima dirancang sebuah sistem pengarahan antena secara otomatis. Dengan menentukan koordinat letak objek dan ketinggian yang ingin di tracking menggunakan bantuan sensor GPS U-blox NEO-6M dan BMP 180. Kemudian setelah menentukan koordinat objek, proses selanjutnya meneruskan data latitude, longitude dan altitude yang didapat dari sensor GPS dan BMP 180 ke mikrokontroler dan akan diolah, lalu stasiun kontrol menginstruksikan penggerak untuk mencari sudut polarisasi sesuai data yang telah diterima.

Hasil yang didapatkan dari pengujian sistem pengendalian dan pengarahan antena pada BTS ini menunjukan pengolahan data dari longitude, latitude dan altitude berhasil dikonversi menjadi output azimut. Blok kendali pengarahan antena berhasil melakukan tracking setiap blok Mobile Monitoring Device berpindah jarak dan koordinat posisi dengan error sudut sebesar 13.80 atau 7.6% dan jarak maksimal komunikasi antara perangkat monitoring mobile dengan kendali pengarahan antena sejauh 70 meter.

Kata Kunci : Citarum, Pengarahan, Monitoring, Real-time, BTS, Antena, Tracking

Subjek

Telecommunication - engineering
 

Katalog

SISTEM PENGENDALIAN DAN PENGARAHAN ANTENA BTS UNTUK SISTEM KOMUNIKASI PEMANTAU SUNGAI CITARUM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALDO ALESSANDRO TUKAT
Perorangan
Rina Pudji Astuti, Trasma Yunita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini