Indonesia dikenal sebagai negara maritim, tetapi juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia memiliki mata pencaharian di sektor pertanian. Indonesia dikenal oleh negara lain akan kekayaan sumber daya alamnya, salah satunya yaitu kopi. Salah satu produsen kopi di Indonesia yaitu Kopi Mancakau, tepatnya berada di Kabupaten Pesisir Selatan. Kopi Mancakau ditanam, dipanen, diolah, dan diproduksi di Nagari Koto Rawang, memiliki lahan seluas 30 hektar dan 150 petani kopi. Kopi Mancakau menjual kopi jenis robusta dalam bentuk biji dan bubuk. Usaha kopi mancakau sendiri baru dirintis tahun 2018 dengan nama Kopi Koto Rawang Maju, dan pada akhir tahun 2019 memiliki kemasan dan merek dengan nama Kopi Mancakau. Sangat disayangkan produk kopi lokal ini belum memiliki identitas brand yang baik dan juga belum memaksimalkan toko offline maupun online-nya. Oleh karena itu dengan ada perancangan brand ini diharapkan agar Kopi Mancakau bisa dipromosikan agar dikenal orang dengan harapan naiknya penjualan Kopi Mancakau.
Kata Kunci: Kopi, Kopi Mancakau, Identitas Brand, Kopi Lokal