PERANCANGAN ULANG INTERIOR KANTOR POS DI KOTA BANDUNG

ALDO SUPRIADI

Informasi Dasar

21.04.684
747
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kantor Pos Indoneisa merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman paket seperti surat dan barang. Perusahaan tersebut merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Peruasahaan tersebut berada di dalam Gedung Graha Pos Indonesia, gedung tersebut menyediakan tempat untuk anak perusahaan dari kantor pos itu sendiri yaitu Pos Logistik, Pos Finansial, dan Pos Properti yang bergerak dibidang logistik, keuangan, dan properti. Pelayanan yang tersedia pada Kantor Pos Indonesia adalah pengiriman paket atau barang, pengiriman surat, pengiriman untuk uang pensiunan, layanan dibidang online (E-POS Locker), menyediakan produk Pos (Filateli dan Konsinyasi), pengiriman internasional (antar negara) dan membarayar pajak. Dalam melakukan proses layanan memerlukannya sarana, prasarana, fasilitas dan ruang yang akan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Di gedung tersebut ada beberapa ruangan selain Kantor Pos akan habis masa waktu sewanya, pihak gedung akan merubah wajah baru Graha Pos Indonesia sesudah beresnya wabah corona ini. Pihak Graha Pos Indonesia juga menginginkan gedung tersebut untuk lantai satu diisi dengan Kantor Pos dan tidak ada perusahaan atau agensi lain untuk bergabung, dikarenakan ingin memperlihatkan identitas Pos pada saat pengunjung datang ke gedung Graha Pos Indonesia. Kantor POS ini masih ditemukannya beberapa ketimpangan atau kekurangan yaitu, suasana kantor yang kurang mendukung sebagai ruang pelayanan public, sirkulasi dan penataan ruang yang tidak teratur, masih kurangnya saran dan prasarana, yang menyebabkan kurang optimalnya dalam pelayanan. Hanya ada ruangan administrasi dan gudang, kekurangan karyawan dengan menggunakan sistem shift. Sebelum terjadinya corona virus perusahaan ini mengalami tingkat kebisingan yang cukup tinggi. Karena kantor Pos ini berada dalam satu gedung dengan Starbucks dan Co-Working yang ada di kawasan jalan utama sehingga tingkat kebisingannya sangat tinggi. Selain itu terdapat permasalahan di bagian penataan furniture. Perancangan ulang ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas Kantor Pos yang lebih memadai dan lebih lengkap dari segi kinerja karyawan dan pelayanan untuk para pelanggan. Dan ada juga untuk ruang Kantor Pos sendiri yang lebih nyaman dan aman dari segi interior, diantara lainnya yaitu dari segi lokasi, bentukan ruangan, fasilitas, kegiatan, sirkulasi, material, pencahayaan, keamanan, furniture, dan akustik / tingkat kebisingan. Pada perancangan ulang interior Kantor Pos ini memakai metode data primer, sekunder, dan Analisa yang ada didalam ruangan tersebut, untuk pendekatan yang akan diterapkan adalah aktivitas karena kantor pos adalah jasa ekspedisi melayani banyak orang dan barang, jadi menyesuaikan dengan aktivitas banyak pengguna, dan memakai konsep yang modern minimalis, karena setiap pengguna tidak mau menjalani proses yang lama, membuat para pengguna menjadi tidak nyaman atau bosan, pengguna ingin menjalankan proses yang cepat dan instan.

Kata Kunci: Kantor Pos, Pengguna, Graha Pos Indonesia

Subjek

INTERIOR DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN ULANG INTERIOR KANTOR POS DI KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALDO SUPRIADI
Perorangan
Djoko Murdowo, Reza Hambali Wilman Abdulhadi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Interior
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini