Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor, pengaruh besar pandemi Covid-19 terhadap pembelajaran seni rupa pada siswa sekolah dasar berkebutuhan khusus di Primagama Homeschooling. Dengan adanya penelitian ini, dapat membantu penulis untuk mengetahui peranan orang tua dalam membantu anak belajar dirumah. Peran orang tua dianggap sangat penting dalam hal ini, karena selama siswa melakukan kegiatan pembelajaran di rumah, maka para orang tua murid harus menggantikan guru dalam pembelajarannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan dibantu dengan beberapa literatur sebagai alat pengumpulan informasi. Penelitian ini dianggap sebagai kegiatan yang sistematis, tujuannya untuk menguji secara cermat jawaban yang telah didapat. Instrumen dari penelitian ini adalah peneliti sendiri, dan metode triangulasi dengan menggunakan kriteria observasi efektif untuk data panduan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis data, penyajian dan interpretasi yang menggambarkan data secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kreativitas siswa meningkat selama melakukan kegiatan berkarya dirumah dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah, 2) Orang tua memiliki strategi sendiri dalam meningkatkan kreativitas sang anak selama melakukan kegiatan pembelajaran seni rupa di rumah, 3) Penyampaian mata pelajaran seni rupa oleh Guru di Primagama Homeschooling melalui media online tidak monoton dan mencoba memanfaatkan aplikasi TikTok dan media kanvas sebagai sarana siswa untuk mengekspresikan diri.
Kata Kunci : Pandemi Covid-19, Anak Berkebutuhan Khusus, Pengaruh, Seni Rupa.