Pengaruh Likuiditas, Leverage, Operating Capacity, dan Corporate Governance Terhadap Financial Distress (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Malaysia Tahun 2014-2018)

ARIEF BAGAS PRASETYO

Informasi Dasar

21.04.731
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Financial distress merupakan suatu kondisi penurunan pada posisi keuangan perusahaan yang menyebabkan perusahaan tidak dapat membayar kewajiban sebelum perusahaan mengalami kebangkrutan atau likuidasi. Financial distress dapat dialami oleh setiap perusahaan karena faktor penyebabnya dapat berasal dari dalam (internal) maupun di luar (eksternal) perusahaan. Beberapa faktor yang mampu mempengaruhi financial distress diantaranya likuiditas, leverage, operating capacity, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan komisaris independen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, leverage, operating capacity, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan komisaris independen sebagai variabel independen terhadap financial distress pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Malaysia pada tahun 2014-2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi logistik yang diolah dengan menggunakan software SPSS 25. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan diperoleh 12 perusahaan pertambangan Indonesia dan 22 perusahaan pertambangan Malaysia dengan periode penelitian 2014-2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan pertambangan di Indonesia bahwa variabel operating capacity secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap financial distress. Variabel likuiditas , leverage, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen secara parsial tidak mempunyai pengaruh terhadap financial distress. Pada perusahaan pertambangan di Malaysia menunjukkan bahwa variabel likuiditas, kepemilikan manajerial, dan komisaris independen secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap financial distress. Variabel operating capacity, leverage, dan kepemilikan institusional secara parsial tidak mempunyai pengaruh pada financial distress.

Kata Kunci : Financial Distress, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Komisaris Independen, Leverage, Likuiditas, Operating Capacity

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

Pengaruh Likuiditas, Leverage, Operating Capacity, dan Corporate Governance Terhadap Financial Distress (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Malaysia Tahun 2014-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIEF BAGAS PRASETYO
Perorangan
Farida Titik Kristanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini