Resepsi Khalayak terhadap Unggahan Akun Instagram @ianhugen (Studi Kualitatif Deskriptif pada Pengikut Akun Instagram @ianhugen)

ARANSA VIKATRIA PRIMASAKTI

Informasi Dasar

21.04.740
302.33
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Instagram merupakan aplikasi media sosial untuk berbagi foto dan video antarpenggunanya melalui jaringan internet yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk menambah kesan menarik dalam berbagai tema unggahan kontennya. Salah satunya merupakan akun Instagram @ianhugen yang banyak mengunggah foto dan video mengenai kutipan-kutipan puitis kehidupan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis resepsi milik Stuart Hall. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui resepsi khalayak dalam memaknai unggahan akun Instagram @ianhugen dan pola pemikirannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima informan memiliki pemaknaan yang berbeda terhadap suatu unggahan berdasarkan prosesnya sehingga posisi pola pemikirannya pun berbeda bergantung pada usia, status pekerjaan, asal daerah, dan tujuan atau kebutuhan pribadi tiap informan. Kebutuhan atau tujuan pribadi tersebut dapat dilihat dari alasan mengikuti akun Instagram @ianhugen. Dilihat dari proses pemaknaan informan, khususnya pada proses akhir interpretasi, para informan setuju dan dapat menerima bahwa pesan yang ingin disampaikan oleh Ian Hugen melalui unggahan akun Instagram @ianhugen adalah untuk mencintai diri sendiri. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa contoh unggahan yang memang mencantumkan tagar #SelfLove.

Subjek

AUDIENCE
 

Katalog

Resepsi Khalayak terhadap Unggahan Akun Instagram @ianhugen (Studi Kualitatif Deskriptif pada Pengikut Akun Instagram @ianhugen)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARANSA VIKATRIA PRIMASAKTI
Perorangan
Alila Pramiyanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini