PERANCANGAN BLUEPRINT SISTEM PEMANTAUAN PENJUALAN PADA UMKM SARI PRATAMA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

ERIKA ASIHYANTO SAPUTRI

Informasi Dasar

21.04.796
652.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sari Pratama Bandung adalah sebuah UMKM yang bergerak dalam bidang olahan aneka makanan khusus nya abon, dengan merk produk yaitu Abon Wadimah 1972. UMKM Sari Pratama Bandung berada pada tahap pertumbuhan awal yang memiliki permasalahan eksternal dalam mempertahankan kontak pelanggan disebabkan karena belum adanya sistem pengelolaan data pelanggan dan data transaksi masih dilakukan secara manual, tidak efektif dan efisien. Sehingga kesulitan dalam memperluas pasar untuk meningkatkan omset penjualan yang masih tergolong kecil yaitu rata – rata 3 juta/minggu. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pemantauan penjualan berbasis website yang dapat digunakan untuk menyimpan data dan mengolah data pelanggan serta data transaksi di UMKM Sari Pratama Bandung.

Pada penelitian ini dilakukan perancangan proses bisnis usulan yang menghasilkan penambahan 13 aktivitas usulan. Kemudian dilakukan perancangan sistem pemantauan penjualan menggunakan metode waterfall. Namun dalam penelitian ini dilakukan hingga tahap modeling yang menghasilkan mockup usulan. Fitur – fitur yang akan dibuat pada sistem ini adalah fitur pendaftaran pelanggan, fitur penentuan poin, fitur pembuatan agenda promosi, fitur pengeluaran, fitur laporan dan lain- lain. Pemodelan sistem ini menggunakan diagram Unified Modeling Language. Model sistem digambarkan ke dalam diagram seperti DFD, Usecase Diagram, Activity Diagram dan ERD. Kemudian melakukan pengujian sistem menggunakan user acceptance test. Fitur – fitur yang telah dibuat berjalan dengan baik dan sistem yang dirancang dapat diterima sesuai dengan kebutuhan pengguna (user).

Hasil dari penelitian ini adalah sistem pemantauan penjualan UMKM Sari Pratama Bandung. Dalam menerapkan sistem berbasis website tersebut, UMKM perlu mempersiapkan satu karyawan khusus yang berperan sebagai admin yang memahami mengenai website, menentukan platform website dan membayar domain website. Dengan dibuatnya sistem ini, akan mempermudah pihak UMKM untuk menyimpan data pelanggan dan data transaksi.

Kata Kunci : Pemantaun Penjualan, Blueprint, Metode Waterfall.

Subjek

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
 

Katalog

PERANCANGAN BLUEPRINT SISTEM PEMANTAUAN PENJUALAN PADA UMKM SARI PRATAMA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE WATERFALL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERIKA ASIHYANTO SAPUTRI
Perorangan
Litasari Widyastuti Suwarsono, Atya Nur Aisha
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini