Media merupakan sumber informasi yang sangat berkembang sehingga mampu menyediakan semua informasi yang ada. Media sosial kini menjadi sarana penyedia informasi yang banyak digunakan. Akun Instgram @Waste4Change menjadi salah satunya, akun yang memberikan informasi mengenai pengelolaan limbah sampah termasuk sampah kemasan kosmetik. Akun tersebut memiliki potensi untuk memberikan pengetahuan mengenai pengelolaan limbah sampah kemasan kosmetik yang digunakana dalam seharinya oleh pengguna kosmetik di Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sebuah wacana tentang proses pengelolaan limbah sampah kemasan kosmetik melalui media informasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigmas konstruktivis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis wacana model Teun Van Dijk dengan menggunakan dimensi analisis teks dan konteks sosial.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa adanya ajakan untuk menambah wawasan juga pengetahuan yang mana sebagian khalayak sudah memiliki kesadaran menegani pentingnya pengelolaan limbah sampah termasuk sampah kemasan kosmetik yang digunakan pada kegiatan sehari-hari.
Kata Kunci : Instagram, Pengelolaan Sampah, Kemasan Kosmetik, Analisis Wacana Teun Van Dijk