ANALISIS WACANA PADA AKUN INSTAGRAM @WASTE4CHANGE DALAM PENGELOLAAN SAMPAH KEMASAN PRODUK KOSMETIK

FRISTINIA ARISKA PUTRI

Informasi Dasar

103 kali
21.04.868
302.207
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Media merupakan sumber informasi yang sangat berkembang sehingga mampu menyediakan semua informasi yang ada. Media sosial kini menjadi sarana penyedia informasi yang banyak digunakan. Akun Instgram @Waste4Change menjadi salah satunya, akun yang memberikan informasi mengenai pengelolaan limbah sampah termasuk sampah kemasan kosmetik. Akun tersebut memiliki potensi untuk memberikan pengetahuan mengenai pengelolaan limbah sampah kemasan kosmetik yang digunakana dalam seharinya oleh pengguna kosmetik di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sebuah wacana tentang proses pengelolaan limbah sampah kemasan kosmetik melalui media informasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigmas konstruktivis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis wacana model Teun Van Dijk dengan menggunakan dimensi analisis teks dan konteks sosial. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa adanya ajakan untuk menambah wawasan juga pengetahuan yang mana sebagian khalayak sudah memiliki kesadaran menegani pentingnya pengelolaan limbah sampah termasuk sampah kemasan kosmetik yang digunakan pada kegiatan sehari-hari.

Kata Kunci : Instagram, Pengelolaan Sampah, Kemasan Kosmetik, Analisis Wacana Teun Van Dijk

Subjek

Communication in education
 

Katalog

ANALISIS WACANA PADA AKUN INSTAGRAM @WASTE4CHANGE DALAM PENGELOLAAN SAMPAH KEMASAN PRODUK KOSMETIK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FRISTINIA ARISKA PUTRI
Perorangan
AGUS APRIANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini