PERFORMANSI NAMED DATA NETWORK (NDN) DENGAN MENGGUNAKAN NDNS

SESHARIANA RAHMA MELATI

Informasi Dasar

21.04.916
004.607 6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Named Data Networking (NDN), sebagai rancangan arsitektur jaringan internet masa depan yang mampu mengubah sudut pandang dalam jaringan, yang sebelumnya host-centric menjadi data-centric. Pada NDN, sebuah alamat IP atau IP Address digantikan dengan nama konten data. Kelebihan dari NDN dibandingkan dengan jaringan berbasis IP adalah pada NDN terdapat algoritma caching untuk mengatur cara penyimpanan data dari producer (penyedia konten). Sehingga dapat mengurangi beban jaringan terutama dibagian server, serta dapat memberikan manfaat untuk kasus multicast atau pengiriman ulang data konten ke user akibat kesalahan pengiriman contohnya kehilangan paket data.

Untuk meningkatkan kinerja jaringan NDN maka digunakanlah mekanisme NDNS. NDNS merupakan database yang memberikan informasi mengenai lokasi zona sebuah konten data dalam jaringan. Berfungsi untuk membantu memetakan proses routing agar konten data yang diminta cepat ditemukan dalam jaringan dan dapat meningkatkan pengiriman konten data ke consumer.

Pada Tugas Akhir ini, dilakukan simulasi untuk meneliti mekanisme NDNS pada jaringan NDN dalam mendukung caching di dalam jaringan NDN. Perubahan jumlah node dalam topologi jaringan akan membantu mengetahui apakah akan sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi cache di jaringan dalam skala kecil atau skala yang besar dengan menggunakan mekanisme NDNS pada jaringan NDN. Dari simulasi yang dilakukan, memperoleh data yang menjelaskan bahwa NDNS dapat mendukung caching di dalam jaringan NDN untuk meningkatkan efisiensi dalam proses pengiriman data.

Kata Kunci: NDN, NDNS, Caching, Algoritma LRU.

Subjek

Telecommunications - computer networks
 

Katalog

PERFORMANSI NAMED DATA NETWORK (NDN) DENGAN MENGGUNAKAN NDNS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SESHARIANA RAHMA MELATI
Perorangan
Leanna Vidya Yovita, Ratna Mayasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini