Pariwisata adalah segala sesuatu yang menyangkut dan berhubungan dengan urusan kebutuhan seseorang yang melakukan perjalanan. Tentunya membutuhkan fasilitas pelayanan untuk beristirahat serta pelayanan untuk makanan dan minuman. Hotelbesar maupun Hotel kecil pasti memiliki restoran dan bar. Tamu yang ingin menikmati makanan dan minuman dikamar sendiri juga di lengkapi dengan fasilitas pelayanan Room Service. Room service department ini beroperasi selama 24 jam untuk melayani para tamu hotel dengan menyajikan makanan seperti breakfast, lunch, dinner dan juga supper. Maka penulis tertarik dengan membahas Room Service di Prama Grand Preanger Hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan waiter di Hotel Prama Grand Preanger. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada pengumpulan data merupakan teknik wawancara. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Hotel Prama Grand Preanger sudah melaksanakan beberapa peranan waiter sesuai dengan prosedur Hotel bintang 5.
Kata Kunci: Peranan Waiter, Room Service, hotel