PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN CASH HOLDING TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Subsektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019)

BRYANT SAMUEL SILABAN

Informasi Dasar

21.04.923
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manajemen laba merupakan tindakan memanipulasi informasi akuntansi yang dilakukan oleh manajemen perusahaan agar jumlah laba yang tercatat dalam laporan keuangan perusahaan sesuai dengan keinginan manajemen perusahaan untuk kepentingan dirinya sendiri atau kepentingan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Cash Holding terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Subsektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah Subsektor Transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling yang menghasilkan 29 sampel perusahaan yang terpilih dalam kurun waktu 3 tahun sehingga diperoleh sebanyak 87 unit sampel perusahaan subsektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019. Model analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan Software Eviews 10. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas, Leverage, Cash Holding, berpengaruh secara simultan terhadap Manajemen Laba. Secara parsial variabel Profitabilitas berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap Manajemen Laba. Sedangkan variabel Leverage dan Cash Holding tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya. Dan bagi penelitian selanjutnya diharapkan menambahkan variabel independen lain yang sekiranya dapat mempengaruhi manajemen laba pada perusahaan.

Kata Kunci: Manajemen Laba, Profitabilitas, Leverage, dan Cash Holding.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN CASH HOLDING TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Subsektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BRYANT SAMUEL SILABAN
Perorangan
Elly Suryani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini