PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN, KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019)

MUHAMMAD IRFAN FADHILAH

Informasi Dasar

21.04.924
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Suatu perusahaan akan berusaha untuk meningkatkan nilai perusahaannya karena salah satu tujuan dari perusahaan. Salah satu tujuan nilai perusahaan yaitu untuk mencerminkan tingkat pengembalian investasi dari para investor. Investor akan mendapatkan kepuasan apabila mendapatkan tingkat pengembalian investasinya semakin tinggi dari waktu ke waktu. Dalam penelitian ini, rasio yang digunakan untuk mengukur nilai perusahaan perusahaan adalah PBV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keputusan Investasi dengan menggunakan indikator PER, Keputusan Pendanaan menggunakan Indikator DER, dan Kebijakan dividen menggunakan indikator DPR terhadap Nilai Perusahaan yang diukur dengan PBV pada perusahaan sub sektor pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019. Populasi dalam penelitian ini perusahaan sub sektor pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015 sampai 2019. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 8 perusahaan sub sektor pertambangan batubara dalam kurun waktu 5 tahun sehingga diperoleh 40 sampel yang diobservasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil tersebut, perusahaan maupun investor perlu memperhatikan komposisi keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen perusahaan sehingga perusahaan dapat meyakinkan para pemegang saham dan investor dalam meminimalisir risiko yang akan ditanggung apabila menanamkan modalnya.

Kata kunci: Nilai Perusahaan, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN, KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD IRFAN FADHILAH
Perorangan
Dewa Putra Khrisna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini