Pengaruh Kebijakan Dividen, Arus Kas, Profitabilitas, Liabilitas, dan Solvabilitas Terhadap Investment Opportunity Set (Studi Kasus pada Indeks Saham Jakarta Islamic Index Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

AHMAD FARID NOOR MAHBUB

Informasi Dasar

21.04.927
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Jakarta Islamic Index (JII) adalah indeks yang berisi sekumpulan saham yang memenuhi prinsip-prinsip syariah. Jakarta Islamic Index berisi 30 saham yang memenuhi kriteria syariah yang ditetapkan Dewan Syariah Nasional (DSN). Sebagai negara yang memiliki penduduk mayoritas beragama Islam, pasar modal syariah memiliki potensi yang besar untuk dapat mengembangkannya. Disamping itu, aliran dana dari negara muslim yang siap ditempatkan pada instrumen keuangan syariah juga merupakan potensi yang besar bagi pasar modal. Sejalan dengan perkembangan pasar modal di Indonesia secara umum, produk pasar modal berbasis syariah diyakini dapat menjadi salah satu pilar kekuatan industri pasar modal Indonesia. Maka dari itu diperlukan variabel untuk mengukur kinerja perusahaan yang masuk dalam JII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan dividen, arus kas, profitabilitas, likuiditas, dan solvabilitas terhadap investment opportunity set (IOS). Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu investment opportunity set (IOS) yang diukur dengan Maket to book value of assets (MBVA). Pengukuran variabel kebijakan dividen menggunakan devidend payout ratio (DPR). Pengukuran arus kas menggunakan perbandingan arus kas operasi terhadap pengeluaran modal. Pengukuran rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas menggunakan current ratio (CR). Pengukuran rasio profitabilitas menggunakan return on assets (ROA). Pengukuran rasio solvabilitas menggunakan debt to equity ratio (DER). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2015-2019. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 15 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan aplikasi eviews untuk menganalisis data dan metode analisis regresi data panel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan dividen, arus kas, profitabilitas, likuiditas, dan solvabilitas berpengaruh secara simultan terhadap investment opportunity set (IOS). Secara parsial arus kas, likuiditas dan solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap investment opportunity set, sedangkan kebijakan dividen dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap investment opportunity set.

Kata kunci: arus kas, investment opportunity set, Jakarta Islamic Index, kebijakan dividen, likuiditas, profitabilitas, solvabilitas

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

Pengaruh Kebijakan Dividen, Arus Kas, Profitabilitas, Liabilitas, dan Solvabilitas Terhadap Investment Opportunity Set (Studi Kasus pada Indeks Saham Jakarta Islamic Index Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD FARID NOOR MAHBUB
Perorangan
Dewa Putra Khrisna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini