Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019)

MUHAMMAD RIFKI

Informasi Dasar

21.04.928
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Perusahaan berlomba-lomba dalam meningkatkan nilai perusahaan yang berfungsi untuk mengangkat profitabilitas serta nilai perusahaan untuk menarik investor dalam menentukan keputusan dalam berinvestasi di perusahaan. Oleh karena itu perusahaan sebisa mungkin menerapkan starategi yang nantinya agar tetap bisa menjaga nilai perusahaan agar terus dapat menarik investor untuk mengambil keputusan dalam berinvestasi. Dalam penelitian ini, rasio yang digunakan untuk mengukur nilai perusahaan adalah Price Book Value (PBV). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Struktur Modal yang diukur menggunakan DER, Profitabilitas yang diukur menggunakan ROE, dan Keputusan Investasi yang diukur menggunakan PER terhadap Nilai Perusahaan yang diukur menggunakan PBV pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 sampai 2019. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 11 perusahaan sub sektor makanan dan minuman dengan periode 5 tahun, sehingga diperoleh 55 sampel yang diobservasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi data panel dan diolah menggunakan software Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan Struktur Modal, Profitabilitas, dan Keputusan Investasi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Nilai Perusahaan. Secara parsial struktur modal dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan keputusan investasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil tersebut, perusahaan perlu memperhatikan keputusan investasi sehingga perusahaan dapat meyakinkan para pemegang saham dan meminimalisir risiko yang akan ditanggung apabila investor ingin menanamkan modal. Kata Kunci: Struktur Modal, Profitabilitas, Keputusan Investasi, Nilai Perusahaan.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIFKI
Perorangan
Dewa Putra Khrisna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini