Pengaruh Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris Independen dan Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Property & Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019)

MUHAMMAD IRFAN

Informasi Dasar

21.04.929
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kinerja keuangan perusahaan merupakan gambaran output yang dihasilkan oleh perusahaan pada waktu tertentu dalam aktivitas-aktivitas operasional perusahaan. Salah satu tolak ukur dalam keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya adalah laba bersih. Laba bersih menjadi tolak ukur untuk kinerja keuangan perusahaan baik atau tidak kondisi keuangan perusahaan. Dalam penelitian ini indikator untuk kinerja keuangan perusahaan adalah Return on Assets (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan yang diukur dengan menggunakan Ln Total Aset, Dewan Komisaris Independen dan Struktur Modal yang menggunakan perhitungan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan menggunakan indikator Return on Assets (ROA) pada perusahaan sub sektor Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019. Populasi dalam penelitian ini perusahaan sub sektor Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015 sampai 2019.Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 39 perusahaan sub sektor Properti dan Real Estate dalam kurun waktu 5 tahun sehingga diperoleh 185 sampel yang diobservasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 11. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris Independen dan Struktur Modal berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Secara parsial Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan ke arah negatif sedangkan Dewan Komisaris Independen dan Struktur Modal tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Bedasarkan hasil tersebut, perusahaan maupun investor perlu memperhatikan aset yang dimiliki perusahaan agar dapat memperoleh laba yang optimal dan meminimalisir risiko yang akan datang agar investor dapat mempercayakan untuk menanam modal di perusahaan tersebut. Kata kunci: Kinerja Keuangan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris Independen, Struktur Modal.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris Independen dan Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Property & Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD IRFAN
Perorangan
Dewa Putra Khrisna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini