Smartphone adalah salah satu media teknologi yang mengalami perkembangan paling cepat. Dalam beberapa tahun terakhir, Smartphone telah membuat kemajuan yang cukup besar di semua aspek, terutama hardware. Dengan perkembangan teknologi yang tiada hentinya, konsumen harus mulai menetapkan standar pribadi. Hal tersebut bisa ditentukan berdasarkan dengan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan. Samsung dan Apple merupakan salah satu smartphone yang mengalami banyak perkembangan teknologi.
Dua perusahaan teknologi dengan nilai merek tertinggi adalah Apple dan Samsung. Penelitian ini akan menjelaskan bagaimana perbandingan brand personality Apple dan Samsung pada masyarakat Indonesia melalui lima dimensi brand personality yaitu sincerity, excitement, competence, sophistication, ruggedness. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepada 400 responden yang mengetahui atau menggunakan smartphone Samsung dan atau Apple di Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk menjawab bagaimana brand personality Samsung dan Apple serta analisis komparatif untuk menjelaskan masing-masing brand personality Samsung dan Apple, dan teknik analisis yang digunakan adalah uji beda Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata brand personality pada kedua merek. Apple mengungguli Samsung pada seluruh rata-rata dimensi brand personality. Perbedaan yang signifikan pada merek Samsung dan Apple terdapat pada dimensi competence. Untuk dimensi sincerity, excitement, sophistication, dan ruggedness tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Dapat diartikan bahwa Apple memiliki kepribadian merek yang sesuai dengan karakteristik penggunanya.
Hasil penelitian ini memberikan jawaban atas kuesioner tentang brand personality yang meliputi dimensi sincerity, excitement, competence, sophistication, ruggedness, selain tentang pertanyaan demografi. Untuk meningkatkan analisis pada penelitian selanjutnya dapat dilakukan penelitian lebih dalam tentang bagaimana hubungan antar dimensi pembentuk brand personality, tidak hanya mengukur brand personality melalui lima dimensi tersebut.
Kata Kunci : Brand, Brand personality, Mann Whitney