PENGARUH VALUE CHAIN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIASI KEUNGGULAN BERSAING PADA APLIKASI GOJEK

AURIZA FASHSHALNA MUNAWAR

Informasi Dasar

98 kali
21.04.991
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia sedang mengalami transformasi pada bidang transportasi akibat perkembangan teknologi yang semakin pesat. Dapat dilihat dari munculnya model transpotasi online pada kota besar di Indonesia, seperti Gojek dan Grab yang berbasis aplikasi baik dalam pemesanan maupun pembayarannya. Terdapat beberapa pilihan dalam persaingan, persaingan secara harga atau persaingan secara value added. Ketika perusahaan sedang menghadapi persaingan yang kompetitif, ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu membuat suatu strategi untuk membuat nilai tambah atau disebut keunggulan bersaing. Salah satu membangun keunggulan bersaing dengan mengadopsi prinsip-prinsip value chain. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data kausal. Pengumpula data yang di lakukan dengan penyebaran kuisioner. Pengambilan sample pada penelitian menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan, perhitungan jumlah sample yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 400 responden yang merupakan konsumen gojek yang pernah menggunakan aplikasi gojek. Pengolahan data dilakukan dengan SEM-PLS dan menggunakan sofware Smart PLS versi 3.0 Hasil penelitian menunjukan value chain memiliki pengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, dan juga keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa value chain memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dan juga pada penelitian ini keunggulan bersaing sudah menjadi variable intervening yang baik dalam memediasi hubungan value chain dengan kepuasan konsumen. Hal yang harus dilakukan pada pihak gojek untuk menciptakan keunggulan bersaing yang membantu meningkatkan kepuasan konsumen dengan memperbaiki pengelolaan pada value chain dan mempertahankan aktivitas yang sudah baik yang telah dilakukan oleh gojek.

Kata Kunci : Keunggulan bersaing, value chain, Kepuasan konsumen, value added, PLS

Subjek

MARKET STRATEGY
 

Katalog

PENGARUH VALUE CHAIN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIASI KEUNGGULAN BERSAING PADA APLIKASI GOJEK
 
xii, 111p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AURIZA FASHSHALNA MUNAWAR
Perorangan
Sri Widiyanesti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini