PENGARUH KEMAMPUAN TEKNOLOGI DAN KEMAMPUAN SINOVASI TERHADAP RESILIENSI BISNIS PADA UMKM DALAM MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada UMKM di DKI Jakarta)

MUHAMMAD RAFI KAMIL

Informasi Dasar

21.04.1006
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah sebuah usaha yang dimiliki oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mendapatkan sebuah keuntungan dan sangat berpengaruh terhadap perekonomian nasional. Jumlah UMKM yang ada di Kota DKI Jakarta menurut Badan Pusat Statistik DKI Jakarta adalah sebanyak 1.214.420 UMKM. Permasalahan yang dialami khususnya pada UMKM di DKI Jakarta saat ini adalah terjadinya pandemi global COVID-19 yang membuat ketahanan bisnis UMKM di DKI Jakarta mengalami gangguan. Menurut Staf Khusus Kemenkop menyebutkan bahwa tercatat sebanyak 37.000 pelaku UMKM melaporkan bahwa merasakan dampak adanya pandemi global COVID-19. Selain itu menurut data dari Kemenkop menyebutkan bahwa sebanyak 56 persen UMKM melapor tentang penurunan penjualan. Menurut data BPS pada tahun 2018, masih sedikit sekali persentase UMKM menggunakan platform online dikarenakan kurangnya kemampuan teknologi yang mereka miliki. Ditambah lagi sulitnya menemukan inovasi agar tetap mampu bertahan dalam ketidakpastian pandemi global untuk menjaga ketahanan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan bisnis pada UMKM di DKI Jakarta dilihat dari kemampuan teknologi dan inovasi. Serta pengaruh kemampuan teknologi terhadap ketahanan bisnis melalui inovasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dan metode pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner terhadap 400 responden. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini memiliki skala likert 6 titik dengan 33 pertanyaan. Metode sampel yang digunakan yaitu sampel probability sampling dengan teknik sampel acak sederhana. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis eksplanatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa variabel Kemampuan Teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ketahanan Bisnis, variabel Kemampuan Teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemampuan Inovasi, variabel Kemampuan Inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ketahanan Bisnis, dan Kemampuan Teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ketahanan Bisnis melalui Kemampuan Inovasi.

Kata Kunci: UMKM, Kemampuan Teknologi, Kemampuan Inovasi, Ketahanan Bisnis, COVID-19

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PENGARUH KEMAMPUAN TEKNOLOGI DAN KEMAMPUAN SINOVASI TERHADAP RESILIENSI BISNIS PADA UMKM DALAM MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada UMKM di DKI Jakarta)
 
xiv, 137p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RAFI KAMIL
Perorangan
Grisna Anggadwita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini