Valuasi Saham Menggunakan Metode Discounted Cash Flow Pendekatan Free Cash Flow To Firm Dan Relative Valuation Pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Proyeksi Tahun 2020)

ZARRA REGITA ALFIA QURANI

Informasi Dasar

21.05.013
303.372
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Minat masyarakat Indonesia dalam melakukan investasi di pasar modal dalam bentuk saham mulai mengalami peningkatan, hal tersebut seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang bernilai positif dan perkembangan teknologi informasi yang ada. Saham merupakan salah satu instrumen keuangan yang memiliki karakteristik high risk high return. Harga saham memiliki nilai yang fluktuatif, hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor dan informasi yang beredar di bursa. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi nilai wajar saham pada tiga perusahaan otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan nilai kapitalisasi pasar tertinggi. Estimasi ini dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi kepada para investor untuk membeli, menahan, ataupun menjual saham yang dimiliki. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Discounted Cash Flow (DCF) dengan pendekatan Free Cash Flow to Firm (FCFF) dan Metode Relative Valuation (RV) dengan pendekatan Price To Earning Ratio (PER) dan Price To Book Value (PBV). Metode tersebut diterapkan dalam tiga skenario yaitu skenario pesimis, moderat, dan optimis dengan data historis perusahaan dari tahun 2015 hingga 2019 sebagai dasar proyeksi periode 2020-2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode DCF-FCFF diperoleh hasil bahwa ASII berada pada kondisi overvalued untuk skenario pesimis dan undervalued untuk skenario moderat serta optimis, IMAS berada pada kondisi undervalued dalam semua skenario, dan SMSM berada pada kondisi overvalued pada semua skenario. Dengan metode RV-PER diperoleh kondisi overvalued pada ketiga perusahaan dalam semua skenario. Terakhir, dengan menggunakan metode RV-PBV diperoleh hasil bahwa ASII berada dalam kondisi overvalued pada semua skenario, IMAS berada pada kondisi undervalued untuk skenario pesimis dan overvalued untuk skenario moderat dan optimis, dan SMSM dalam kondisi overvalued dalam semua skenario. Kontribusi yang diberikan dari hasil penelitian yaitu dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan penelitian di masa yang akan datang ataupun dengan menambahkan atau melengkapi variabel penelitian, sehingga dapat menghasilkan perhitungan yang lebih kompleks. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat memberikan rekomendasi kepada investor mengenai saham-saham dari perusahaan yang digunakan dalam penelitian apakah layak untuk dibeli, ditahan, ataupun dijual. Kata Kunci: Discounted Cash Flow, Valuasi, Relative Valuation.

Subjek

VALUATION-STOCKS
 

Katalog

Valuasi Saham Menggunakan Metode Discounted Cash Flow Pendekatan Free Cash Flow To Firm Dan Relative Valuation Pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Proyeksi Tahun 2020)
 
xiv, 122p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZARRA REGITA ALFIA QURANI
Perorangan
Riko Hendrawan, Ratna Lindawati Lubis
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini