PENGARUH PENERAPAN DIGITAL MARKETING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG (REPURCHASE DECISION) LAYANAN PRODUK INDIHOME (STUDY CASE PADA PT. TELKOM JAMBI)

SAUSAN DWI AMANDA

Informasi Dasar

354 kali
21.05.020
658.8
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Dengan meningkatnya pertumbuhan penggunaan teknologi dan internet, Indihome menjadi salah satu produk unggulan yang dimiliki oleh perusaahan Telekomunikasi Indonesia (PT. Telkom). Salah satu program pemasaran Indihome adalah pemasaran melalui digital marketing. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan Indihome dan mendatangkan pelanggan baru. Telkom juga mengefisiensikan cara untuk dapat menjalin hubungan dengan konsumen melalui customer relationship management (CRM). Pada periode Januari sampai dengan bulan Oktober 2020 rata-rata achievment yang didapatkan Telkom Jambi untuk transaksi modifikasi layanan sebesar 88,2%, yaitu kurang sekitar 6,8% menuju target di tahun 2020 sebesar 95%. Tidak tercapainya target pada periode Januari sampai dengan Oktober menimbulkan permasalahan yang dapat dipertanyakan apakah penerapan Digital Marketing dan CRM yang telah dilakukan oleh PT.Telkom Jambi efektif dalam mempengaruhi pelanggan untuk melakukan keputusan pembelian ulang pada layanan Indihome. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Digital Marketing dan CRM terhadap keputusan pembelian ulang pada layanan produk Indihome. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Variabel yang dianalisis adalah Digital Marketing, dengan menggunakan sub variabel Social Networking, Mobile Marketing, dan CRM sebagai variabel independen, serta keputusan pembelian ulang sebagai variabel dependen. Jumlah sampel yang dianalisis adalah 100 responden sebagai pelanggan existing penggunan layanan Indihome yang registrasi melalui digital channel marketing. Teknik sampling yang digunakan yaitu problability sampling dengan proportional simple random sampling. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui model analisis structural equation modeling (SEM) yang di proses dengan smartPLS 3.2.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Social Networking berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Sedangkan Mobile Marketing tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Customer Relationship Management berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Saran dalam penelitian ini untuk perusahaan berdasarkan item terendah pada variabel CRM, diharapkan Telkom dapat melakukan pengelolaan website CRM dengan membenahi user interface dan user experience, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menganalisa program yang tepat untuk meningkatkan daya minat beli pelanggan. Kata Kunci : Digital Marketing, CRM,Mobile Marketing,Social Networking, Keputusan Pembelian Ulang

Subjek

MARKETING
 

Katalog

PENGARUH PENERAPAN DIGITAL MARKETING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG (REPURCHASE DECISION) LAYANAN PRODUK INDIHOME (STUDY CASE PADA PT. TELKOM JAMBI)
 
xii, 138p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SAUSAN DWI AMANDA
Perorangan
Indrawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini