ANALISIS KUALITAS LAYANAN MOBILE APPLICATION MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SENTIMEN DAN PERMODELAN TOPIK UNTUK APLIKASI PENJUALAN VOUCHER GAME (STUDI KASUS ITEMKU DAN DUNIA GAMES)

HILMI EKO ARIANTO

Informasi Dasar

21.05.021
658.809
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Indonesia memiliki perkembangan dan pertumbuhan pemain game online yang positif pada setiap tahun. Dengan tumbuhnya pemain game online di indonesia, hal tersebut berpengaruh terhadap jumlah penjualan voucher game online. Terdapat beberap perusahaan yang menyediakan layanan penjualan voucher game seperti “Dunia Games” dan “Itemku”.

Perkembangan dari layanan penjualan voucher game sekarang bukan hanya dapat diakses menggunakan website, tetapi juga sudah dapat diakses melalui Mobile Application. Dengan tingginya pengguna smartphone di Indonesia, layanan yang dapat diakses melalui Mobile Application menjadi peran penting dalam bisnis manapun termasuk voucher game. Untuk dapat memaksimalkan layanan aplikasi, dibutuhkan analisis kualitas pada layanan Mobile Application untuk melihat layanan aplikasi sesuai dengan kebutuhan para pengguna dengan menggunakan Mobile Application Service Quality (MappSql).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sentiment Analysis dengan algoritma Support Vector Machine untuk melihat opini dari ulasan pengguna terhadap layanan Mobile Aplication, serta melihat opini yang banyak dibicarakan oleh pengguna pada ulasan menggunakan Topic Modeling, lalu menghubungkannya kedalam dimensi Mobile App Service Quality (MappSql).

Hasil penelitian ini menunjukkan algoritma Support Vector Machine mampu mengklasifikasikan opini positif dan negatif pengguna aplikasi “Itemku” dan “Dunia Games” dengan akurasi yang baik yaitu 84.47% dan 87.79%. Topic Modeling yang diterapkan dapat menunjukkan kekurangan dari aplikasi “Itemku” dan “Dunia Games” sesuai dimensi dari Mobile App Service Quality (MappSql) yang didapatkan dari opini – opini negatif pengguna aplikasi tersebut. Topik yang dihasilkan oleh topic modeling juga dapat disederhanakan dengan menggunakan hierarki ward.

Dari kekurangan yang ditunjukkan, penelitian ini memberikan solusi kepada pihak “Itemku” dan “Dunia Games” untuk mengatasi kekurangan dan menjelaskan dampak positif jika kekurangan tersebut dapat diatasi.

Subjek

SERVICE QUALITY
 

Katalog

ANALISIS KUALITAS LAYANAN MOBILE APPLICATION MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SENTIMEN DAN PERMODELAN TOPIK UNTUK APLIKASI PENJUALAN VOUCHER GAME (STUDI KASUS ITEMKU DAN DUNIA GAMES)
 
xiii, 103p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HILMI EKO ARIANTO
Perorangan
Gadang Ramantoko, Astri Ghina
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini