Penelitian ini berawal dari konferensi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang membahas dan menetapkan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Negara Indonesia diketehaui juga mendukung program Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 dengan cara (SDGs) 2030 dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. SDGs sudah menjadi alat ukur dalam penentuan Pemeringkatan Impact Rangking. Akademisi merupakan pemangku kepentingan yang berperan dalam membantu pencapaian SDGs khususnya SDGs 4.4 didalam penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Peran Mahasiswa Di Lingkungan Kampus Universitas Telkom pada lingkup Fakultas Ekonomi Bisnis dan Fakultas Komunikasi Bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi kuantitatif, dimana data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif melalui garis kontinum, uji chi-square dan uji beda t-test. Pengambilan sample pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling pada Mahasiswa FEB dan FKB Universitas Telkom.
Hasil dari penelitian ini menyajikan informasi bahwa terdapat 118 (61,13%) mahasiswa FEB dan 129 (68,61) mahasiswa FKB yang belum mengetahui apa itu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), kemudian didapatkan hasil bahwa SDGs 4 dan SDGs 8 mendapatkan prioritas pertama dan kedua didalam persepsi mahasiswa. Berdasarkan hasil uji chi-square didapatkan hasil bahwa ada 7 dari 42 indikator penelitian ini secara uji statistic dinyatakan memiliki hubungan dengan jenis fakultas mahasiswa. Berikutnya berdasarkan hasil uji beda t-test didapatkan hasil bahwa terdapat 11 dari 42 indicator penelitian dinyatakan berbeda atau tidak sama diantara jenis fakultas mahasiswa.
Kata Kunci: SDGs 2030, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Komunikasi Bisnis, Universitas Telkom, Peran, Kuantitatif, Chi-Square, t-test, Awareness.