IDENTIFIKASI GENRE GAME DAN FITUR GAME MENGGUNAKAN TOPIC MODELING UNTUK INOVASI PADA GAME STARTUP DI INDONESIA

FIKRI BAHIRANSYAH

Informasi Dasar

98 kali
21.05.040
658
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Pasar game merupakan salah satu pasar yang terus berkembang. Teknologi yang terus berkembang, menghasilkan game yang beraneka ragam yang dapat menarik konsumen game. Beberapa penggemar game terkadang memberikan ulasan mengenai sebuah game pada media tertentu, salah satunya Twitter. Banyaknya ulasan di media Twitter dapat digunakan untuk mengetahui topik yang penting, dengan menggunakan teknik pembelajaran mesin yakni, Topic Modelling. Latent Dirichlet Allocation (LDA) merupakan metode Topic Modelling yang digunakan dalam penelitian. Penelitian ini menghasilkan data sebanyak 15,665 data menggunakan teknik crawling data. Topik yang dihasilkan dapat dimanfaatkan oleh perusahaan game seperti startup, untuk merencanakan genre dan fitur pada game. Topik yang dihasilkan akan diperoses untuk membuat Business Model Innovation Process (BMIP). Berdasarkan hasil LDA, desain karakter dan cerita dalam game merupakan aspek yang paling penting dalam game dengan masing-masing nilai beta desain karakter 0.232 dan cerita 0.196. Fighting merupakan topik genre game yang paling populer berdasarkan hasil LDA, dengan nilai beta 0.25. Jenis game single player memiliki beta 0.207 dan Buy-to-Play (B2P) dengan nilai 0.671. Startup game dapat memanfaatkan hasil penelitian, dimana sebaiknya game yang dikembangkan merupakan game bergenre fighting yang merupakan genre yang paling diekspetasikan oleh pengguna twitter. Game tersebut sebaiknya memanfaatkan mode single player, dengan berfokus pada fitur story dan karakter desain. Profit model yang sebaiknya dimanfaatkan dalam pengembangan game adalah B2P. Game tersebut harus dapat dimainkan pada konsol Xbox, dimana konsol tersebut merupakan konsol yang populer oleh penggemar game di media Twitter.

Subjek

BIG DATA
 

Katalog

IDENTIFIKASI GENRE GAME DAN FITUR GAME MENGGUNAKAN TOPIC MODELING UNTUK INOVASI PADA GAME STARTUP DI INDONESIA
 
71p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIKRI BAHIRANSYAH
Perorangan
Gadang Ramantoko, Astri Ghina
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini