Perguruan tinggi sebagai lembaga yang menjadi salah satu panutan masyarakat yang dapat mendorong budaya berwirausaha dengan menciptakan wirausaha-wirausaha yang handal, sehingga mampu memberi dorongan bagi masyarakat, khususnya mahasiswa untuk meningkatkan minat dalam berwirausaha salah satunya dengan faktor pengetahuan kewirausahaan, pemanfaatan media sosial, dan motivasi berwirausaha yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengetahuan kewirausahaan, pemanfaatan media sosial dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa Telkom University.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kausalitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan 400 responden mahasiswa aktif Telkom University. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, pengetahuan kewirausahaan termasuk dalam kategori sangat baik dengan presentase sebesar 85,29%, kemudian pemanfaatan media sosial termasuk dalam kategori yang baik dengan persentase sebesar 81,36%, motivasi berwirausaha termasuk dalam kategori sangat baik dengan presentase sebesar 92,96% dan minat berwirausaha juga termasuk dalam kategori yang sangat baik dengan persentase sebesar 86,73%. berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan kewirausahaan, pemanfaatan media sosial dan motivasi berwirausaha berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Telkom University sebesar 25,7% sedangkan sisasanya sebesar 74,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.