Periklanan saat ini memiliki peran penting dalam penyampaian informasi dalam era digital
ini. Media yang biasa dipakai dalam periklanan diantaranya koran, TV, internet, dan brosur yang
dipasang di pinggir jalan. Namun, biaya pemasangan iklan di pinggir jalan tergolong mahal bagi
pemilik konten. Serta saat ini perkembangan transportasi online di Indonesia sedang berkembang
pesat dan dapat menjadi media pemasangan iklan. Oleh karena itu, pada penelitian ini telah
diimplementasikan Digital Signage yang mendistribusikan konten yang adaptive terhadap
perubahan kondisi kemacetan jalan raya secara dinamis dan ditempatkan di tempat yang dapat
bergerak menghampiri audience yaitu di dalam transportasi umum atau transportasi online,
tepatnya di area kursi penumpang. Digital Signage merupakan media informasi digital satu arah
yang dapat menampilkan konten ke banyak tempat dalam waktu yang singkat serta biaya
pembuatan yang terhitung murah. Hasil pengujian yang telah dilakukan menyatakan bahwa konten
yang ditampilkan pada monitor sudah berubah secara adaptive dan sesuai terhadap kondisi
kemacetan jalan raya. Namun terjadi masalah Ketika koneksi internet tidak berfungsi, Konten
iklan yang seharusnya ditayangkan pada layar monitor tidak ditampilkan. Delay yang terjadi
diantara iklan yang sedang diputar dengan iklan selanjutnya adalah durasi untuk menyelesaikan
iklan yang sedang diputar. Namun penelitian ini masih berupa simulasi dan belum
mengimplementasikan hardware sesungguhnya, lingkungan penelitiannya masih belum variative.