Implementasi Algoritma K-Means++ untuk Segmentasi Pelanggan Toko dengan Menggunakan Neo4J

ARIEF CHAERUDIN

Informasi Dasar

97 kali
21.04.1134
005.757 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan dimulainya era data dan informasi, data menjadi salah satu hal yang paling berguna dan paling diminati. Data sendiri akan bisa menjadi informasi yang berguna apabila dilakukan pemrosesan data. Salah satu contoh hasil pengolahan data dalam bisnis yaitu dengan membuat segmentasi pelanggan, segmentasi pelanggan bermanfaat untuk mengenali dan memfilter pelanggan dengan data yang ditentukan. Analisis dari segmentasi mampu memberikan alokasi target pasar yang lebih efektif, membuat anggaran dana lebih efisien, strategi marketing atau promosi yang lebih akurat, dan masih banyak lagi. Karena segmentasi bertujuan untuk memisahkan pelanggan ke beberapa grup atau cluster maka algoritma clustering dapat digunakan. Pada tugas akhir ini akan dilakukan segmentasi pelanggan berdasarkan nilai pendapatan dan nilai belanja, dan akan dilakukan pengelompokan berdasarkan data tersebut. Metode pengelompokan yang akan digunakan untuk penelitian ini adalah dengan menggunakan algoritma K-Means++ yang bermanfaat untuk menentukan cluster dari tiap data yang diberikan. Pada penelitian ini juga akan dilakukan perbandingan K-Means++ dengan menggunakan python sebagai pembanding dari Neo4J. Hasil penelitian menunjukan Neo4J mampu mengimplementasikan K-Means dengan kualitas cluster yang baik, hasil pengelompokan Neo4J sudah baik dan sesuai.

Subjek

Database Management System
 

Katalog

Implementasi Algoritma K-Means++ untuk Segmentasi Pelanggan Toko dengan Menggunakan Neo4J
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIEF CHAERUDIN
Perorangan
Mahmud Imrona, Danang Trianto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini