PERANCANGAN DESAIN KARAKTER ANAK DARI DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE DI MASA PANDEMI UNTUK ANIMASI 2D

CITRA ANISSA RACHMANITA

Informasi Dasar

60 kali
21.04.1194
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Citra Anissa Rachmanita. 2020. Perancangan Desain Karakter Anak dari Penggunaan Smartphone di Masa Pandemi untuk Animasi 2D. Tugas Akhir. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Fakultas Industri Kreatif. Universitas Telkom. Smartphone merupakan salah satu dari banyaknya teknologi canggih yang sudah marak dimiliki beragam kalangan mulai dari kalangan anak-anak hingga orang lanjut usia. Kebutuhan manusia terhadap alat canggih yang mudah dan praktis ini menjadi semakin tinggi dengan memasukinya zaman milenial hingga masa pandemi COVID-19 yang mengharuskan mereka untuk diam di dalam rumah. Penggunaan setiap kalangan terhadap alat ini menjadi meningkat dibandingkan masa sebelum memasuki pandemi dan mempengaruhi tidak hanya mental namun juga kepribadian para penggunanya. Maka dari itu, diperlukan sebuah media visual untuk menyampaikan informasi yang dapat memvisualisasikan kepribadian anak-anak yang mengalami perubahan dalam penggunaan smartphone dengan karakter berkepribadian yang mengalami perubahan yang baik dan dengan karakter berkepribadian yang mengalami perubahan yang buruk. Perancangan karakter untuk animasi 2 dimensi ini bertujuan untuk mengetahui ciri-ciri dari kepribadian anak yang mengalami dampak dari penggunaan smartphone di masa pandemi COVID-19. Metode perancangan yang dilakukan secara bertahap yaitu pengumpulan data (Studi Pustaka, wawancara dan observasi), kemudian data analisa menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil analisis data yang telah dikumpulkan menunjukkan bahwa kepribadian anak yang mengalami perubahan buruk dari penggunaan smartphone tidak begitu ekspresif dan terkesan malas bicara dibandingkan dengan anak yang mengalami perubahan baik dimana anak tersebut bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk yang akan digunakan sebagai acuan referensi dalam perancangan desain karakter ini.

Kata kunci : Smartphone, Anak Usia 7-9 Tahun, Karakter, Animasi 2D

Subjek

MULTIMEDIA-DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN DESAIN KARAKTER ANAK DARI DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE DI MASA PANDEMI UNTUK ANIMASI 2D
 
xii, 150p.: ill.; pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CITRA ANISSA RACHMANITA
Perorangan
Yayat Surdayat, Ardy Aprilian Anwar
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini