PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) TERHADAP PROFITABILITAS PT. BANK CENTRAL ASIA, TBK. (PERIODE TAHUN 2015-2019)

DHIANYA AYUNING PRAMESWARI

Informasi Dasar

21.04.1206
657.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Corporate Social Responsibilty (CSR) mempunyai peran untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan, karena Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk pertanggung jawaban dari perusahaan guna memperbaiki masalah lingkungan dan sosial yang disebabkan oleh aktivitas dari perusahaan. Selain menerapkan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan-perusahaan besar sudah banyak yang mengimplementasikan penerapan Financial Technology (Fintech) salah satunya yaitu industri perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Financial Technology (Fintech), serta pengaruhnya terhadap profitabilitas, yang diwakili oleh rasio Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE) di PT. Bank Central Asia, Tbk. (BCA) Periode 2015-2019. Corporate Social Responsibility (CSR) dan Financial Technology (Fintech) sebagai variabel independen, sedangkan profitabilitas sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini menggunakan studi kasus sebagai pengambilan sampel dan populasi, dimana Sektor Perbankan PT. Bank Central Asia, Tbk. (BCA) yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia sebagai populasi dan laporan keuangan tahunan dari Sektor Perbankan PT. Bank Central Asia, Tbk. (BCA) yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019 sebagai sampel. Teknik Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Uji T dan Uji F. Hasil dari penelitian ini berdasarkan uji simultan (Uji T) memaparkan bahwa anggaran Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas dengan variabel Return on Assets (ROA) namun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Return on Equity (ROE). Untuk anggaran Financial Technology (Fintech) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas dengan variabel Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE). Pengujian secara simultan (Uji F) menunjukkan anggaran Corporate Social Responsibility (CSR) dan anggaran Financial Technology (Fintech) memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas melalui variabel Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE).

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) TERHADAP PROFITABILITAS PT. BANK CENTRAL ASIA, TBK. (PERIODE TAHUN 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHIANYA AYUNING PRAMESWARI
Perorangan
Astrie Krisnawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
 
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini