PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI SMK TELKOM BANDUNG)

RIDA DWI WIDIASTUTY

Informasi Dasar

21.04.1225
155.9
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

SMK Telkom Bandung merupakan salah satu sekolah menengah kejurusan di Bandung yang berperan dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan dapat mengembangkan potensi siswa. Untuk menghasilkan siswa berkualitas dan mengembangkan potensi siswa adalah melalui prestasi belajar. Berdasarkan data ulangan tengah semester 2020/2021, prestasi belajar siswa SMK Telkom Bandung yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan persentase 43% dari total siswa sebanyak 146 siswa. Hasil data kehadiran yang menunjukkan motivasi belajar siswa belum optimal karena terjadinya fluktuatif ketidakhadiran siswa selama proses kegiatan belajar yang saat ini digantikan dengan belajar dari rumah, begitupun juga dengan lingkungan belajar belum optimal karena terjadi adanya perubahan kegiatan belajar yang dilakukan saat ini, dengan tiga dimensi memiliki tanggung jawab dalam keberhasil kegiatan belajar yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui lingkungan belajar siswa kelas XI SMK Telkom Bandung, mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI SMK Telkom Bandung, dan mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Telkom Bandung baik secara simultan maupun parsial.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menyebarkan kuesioner dengan menggunakan teknik sampling Proportionate Stratified Random Sampling, dimana kuesioner disebarkan kepada responden dengan jumlah siswa 185 responden dari total populasi sebanyak 343 siswa. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, dan analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji T, uji F, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dan hasil respon dari responden, variabel lingkungan belajar, motivasi belajar dan prestasi belajar siswa berapa pada tingkat kategorin “Tinggi”. Penelitian ini menemukan bahwa sebesar 62.3% adalah merupakan pengaruh lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa.Saran yang dapat mengacu pada hasil dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan komunikasi para pendidik/guru pada siswa agar siswa terdorong pada kegiatan belajarnya sehingga meningkatkan kemampuan diri siswa, berpikir dan analisa, maupun keterampilan dan koordinasi antara para pendidik/guru dengan orang tua siswa dalam mendorong siswa agar memiliki motivasi tinggi pada kegiatan belajar dirumah, mengawasi setiap kegiatan belajar berlangsung Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Subjek

ENVIRONMENTAL PSYCHOLOGY
 

Katalog

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI SMK TELKOM BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIDA DWI WIDIASTUTY
Perorangan
Ary Ferdian
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini