PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MASA PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS TELKOM ANGKATAN 2017

SATYA FAJAR GUMELAR

Informasi Dasar

21.04.1229
155.9
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada saat ini seluruh dunia sedang dilanda suatu penyakit yang berasal dari virus yang dikenal dengan virus Covid-19 yang memberikan dampak cukup signifikan terhadap dunia pendidikan. Salah satu yang terkena imbas virus Covid- 19 adalah Universitas Telkom. Universitas Telkom sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia berusaha untuk tetap menjalankan proses pembelajaran jarak jauh agar seluruh mahasiswanya dapat tetap mencapai hasil belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, tak terkecuali pada Fakultas Ekonomi Bisnis Angkatan 2017 yang telah melakukan proses pembelajaran menggunakan e-learning agar proses pembelajaran tetap berjalan. Oleh sebab itu dalam hal ini hasil belajar merupakan hal yang harus tetap dijaga pada saat proses pembelajaran e-learning ini baik dari aspek kognitif, afektif, ataupun psikomotoriknya agar tetap sesuai dengan tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Salah satu yang dapat mempengaruhi hasil belajar pada masa pembelajaran e-learning adalah self efficacy dan motivasi belajar. Bila tingkat self efficacy dan motivasi belajar yang dimiliki mahasiswa rendah maka akan berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa itu sendiri.

Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Telkom Angkatan 2017 dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar pada masa pembelajaran e-learning dengan motivasi belajar sebagai variabel moderator.

Pada penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 279 responden dan menggunakan jenis sample yaitu probability sampling dengan metode simple random sampling, dimana pengambilan sampel dan populasi dilakukan secara acak tanpa melihat secara proporsional didalam populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan metode regresi linear dan metode regresi linear berganda dengan variabel moderasi menggunakan program IBM SPSS Statistic.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa tingkat self efficacy, motivasi belajar, dan hasil belajar pada masa pembelajaran e-learning pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Angkatan 2017 berada pada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil selanjutnya, self efficacy memiliki pengaruh secara parsial terhadap hasil belajar dengan nilai pengaruh sebesar 56,5%. Selanjutnya motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar pada masa pembelajaran e-learning di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Telkom dengan nilai pengaruh sebesar 61,3%.

Berdasarkan hal tersebut menunjunkan tingkat hasil belajar berada pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 71,5%, namun hal tersebut memiliki potensi untuk ditingkatkan menjadi lebih baik lagi khususnya dalam aspek kognitif dan psikomotorik. Sehingga Mahasiswa dan pihak Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Telkom perlu meningkatkan motivasi belajar dan self efficacy. Kata kunci: Self Efficacy, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Psikologi, Psikologi Pendidikan, Manajemen Pendidikan

Subjek

Management - psychology
 

Katalog

PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MASA PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS TELKOM ANGKATAN 2017
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SATYA FAJAR GUMELAR
Perorangan
Fetty Poerwita Sary
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini