Penerapan digitalisasi pelayanan kesehatan sesuai dengan road map Making Indonesia 4.0 masih mengalami kendala seperti keterbatasan pengetahuan masyarakat dan kurangnya sosialisasi. Berangkat dari permasalahan tersebut, di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto (RSMS) menciptakan inovasi melalui hospital information system (HIS) berupa RSMS Online dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada pasien. Sehingga penelitian ini fokus pada strategi komunikasi dalam implementasi terkait HIS berupa RSMS Online yang terdiri dari sosialisasi dan penerapan sistem di RSMS kepada pasien. Dengan pendekatan teoritis dari difusi inovasi dan perencanaan komunikasi untuk mengetahui tahapan pra-implementasi, implementasi, dan pasca-implementasi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus single case, pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan RSMS melalui tiga tahap yakni tahap pra-implementasi dengan melakukan perencanaan komunikasi dan perencanaan penerapan sistem, tahap implementasi dengan penerapan sosialisasi dan penerapan sistem, dan tahap pasca-implementasi yaitu evaluasi terhadap penerapan sosialisasi dan sistem. Perencanaan membantu kelancaran proses implementasi suatu inovasi. Edukasi yang masif, ketersediaan petugas penyuluh, perangkat sistem dan fasilitas yang mencukupi memberikan kemudahan pasien mengadopsi RSMS Online. Penerapan RSMS Online memberikan manfaat bagi pasien dan pihak RSMS. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat dari proses implementasi sistem HIS di RSMS.
Kata kunci: Hospital Information System, Implementasi, Sosialisasi.